AFC Jadikan Marselino Ferdinan Calon Bintang Masa Depan Sepak Bola Asia!
Marselino Ferdinan berselebrasi setelah menjebol gawang Irak di Piala Asia 2023 (pssi.org)
07:42
21 Februari 2024

AFC Jadikan Marselino Ferdinan Calon Bintang Masa Depan Sepak Bola Asia!

Prestasi cemerlang diraih oleh Marselino Ferdinan, pemain muda berusia 19 tahun asal Indonesia, yang kini telah masuk dalam daftar nominasi Future Stars atau Bintang Masa Depan Piala Asia 2023 versi AFC.

Dalam penampilannya di turnamen empat tahunan tersebut, Marselino berhasil mencatat satu gol saat Indonesia menghadapi Irak dalam babak penyisihan grup, meskipun pertandingan berakhir dengan kekalahan 1-3.

Gol yang dicetak oleh Marselino tidak hanya menjadi penanda kekalahan tim, namun juga membawanya mencatat sejumlah rekor baru.

Salah satunya adalah prestasinya sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah Piala Asia untuk Indonesia. AFC melukiskan momen tersebut, menyebutnya sebagai "sensasi remaja tim Garuda yang memeriahkan Piala Asia."

"Remaja sensasional Tim Garuda bersinar di Piala Asia AFC ketika ia mencetak gol penyeimbang melawan Irak di babak penyisihan grup, sementara ia juga hampir mencetak gol ketika tendangannya melebar tipis di atas mistar gawang. Penampilan pemain berusia 19 tahun itu memberikan gambaran sekilas tentang kemampuannya," begitu tulis AFC dalam situs resminya.

"Pemain Muda Terbaik AFF (Federasi Sepak Bola ASEAN) pada tahun 2022, Ferdinan sudah bermain di Belgia dan, berdasarkan penampilannya baru-baru ini untuk Indonesia, para penggemar di tanah air akan memiliki banyak hal untuk dibanggakan dari produk muda Persebaya Surabaya ini."

Pencapaian Marselino tidak hanya terbatas pada Piala Asia. Sebelumnya, pemain yang pernah membela Persebaya Surabaya ini dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2022.

AFC menyoroti pengalamannya bermain di Belgia dan menekankan antusiasme para penggemar di tanah air terhadap bakat muda Persebaya Surabaya ini.

Marselino bersaing ketat dalam nominasi Bintang Masa Depan Piala Asia bersama sembilan pemain lainnya, termasuk Abbosbek Fayzullaev (Uzbekistan), Lee Kang-in (Korea Selatan), dan Takefusa Kubo (Jepang).

Dalam proses penentuan pemenang melalui voting di laman resmi AFC, hingga Selasa pagi, Marselino berhasil meraih dukungan sebanyak 3 persen, sejajar dengan pemain Uzbekistan, Abbosbek Fayzullaev.

Saat ini, posisi puncak dalam voting ditempati oleh Ali Jasim dari Irak dengan 57 persen suara, diikuti oleh Ali Olwan dari Yordania dengan 34 persen suara.

Marselino, dengan pencapaian gemilangnya, terus meraih dukungan, menandai perjalanan luar biasa seorang pemain muda Indonesia dalam panggung sepak bola internasional.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #jadikan #marselino #ferdinan #calon #bintang #masa #depan #sepak #bola #asia

KOMENTAR