Rekam Jejak Nova Arianto sebagai Pelatih, dari PBR hingga ke Timnas Indonesia
Asisten pelatih Timnas Indonesia U-22, Nova Arianto. (Foto: instagram @novarianto30)
13:18
19 Pebruari 2024

Rekam Jejak Nova Arianto sebagai Pelatih, dari PBR hingga ke Timnas Indonesia

Nova Arianto ditunjuk PSSI untuk menjadi pelatih Timnas U-16. Ini menjadi pengalaman baru dalam perjalanan karier Nova sebagai pelatih.

Sosok yang dulu dijuluki “Suster Ngesot” saat aktif bermain itu langsung mendapat tugas untuk memimpin TC Timnas Indonesia U-16.

Seleksi 32 nama pemain timnas Indonesia U-16 ini merupakan proses seleksi tahap pertama yang direncanakan akan digelar sejak 19-21 Februari 2024 mendatang.

Nova Arianto sendiri mengaku cukup terkejut dan bersyukur diberikan kesempatan untuk melatih skuad garuda U-16 yang nantinya akan mengikuti banyak ajang kompetisi.

“Hari ini kumpul, kita mulainya baru besok Senin tanggal 19 Februari. Saya bersyukur dan senang bisa berada di tim ini. Terima kasih PSSI atas kepercayaannya,” ujar Nova Arianto, dikutip dari laman resmi PSSI.

Tak lupa, mantan pemain timnas Indonesia era 2000-an tersebut juga berterima kasih kepada Shin Tae-yong karena diijinkan ikut dalam jajaran staf kepelatihan selama beberapa tahun terakhir dan kini diberikan kesempatan untuk melatih timnas level junior.

Bagi Nova Arianto sendiri, ini menjadi kali pertama dirinya menjabat sebagai pelatih kepala di tim nasional. Lantas bagaimana rekam jejak Nova Arianto sebagai pelatih?

Berawal dari Pelita Bandung Raya hingga ke Timnas Indonesia

Nova Arianto menghabiskan sisa kariernya di Pelita Bandung Raya. Ia kemudian menjabat sebagai asisten pelatih dan pemain pada 2013 hingga pensiun di sana pada 2015.

Setelah pergi dari PBR, Nova ditunjuk menjadi pelatih Madiun Putra pada 2016. Nova hanya 6 bulan di sana sebelum ditunjuk menjadi pelatih Bhayangkara Youth.

Nova kemudian memulai peran baru sebagai pelatih Lampung Sakti pada Januari 2017, lalu menjadi Direktur Olahraga Lampung Sakti dari Agustus - Desember 2018.

Sosok berusia 45 tahun itu kemudian menjadi asisten pelatih di Bhayangkara FC dari Juli hingga Oktober 2019. Di tahun itu pula, Nova ditunjuk menjadi salah satu asisten pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Nova Arianto sudah mengikuti Shin Tae-yong di berbagai level tim nasional, mulai dari senior, Timnas U-19, hingga Timnas U-23.

Setelah empat tahun lamanya menjadi asisten pelatih Shin Tae-yong, Nova Arianto kini diberi tugas baru untuk memimpin Timnas Indonesia U-16 menggantikan Bima Sakti yang kini menjadi asisten pelatih Timnas U-20 besutan Indra Sjafri.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Arif Budi

Tag:  #rekam #jejak #nova #arianto #sebagai #pelatih #dari #hingga #timnas #indonesia

KOMENTAR