5 Pelatih Top Dunia yang Pernah Kalahkan Shin Tae-yong, Termasuk Peraih Gelar Liga Champions
Shin Tae-yong kejar bonus khusus bagi timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 (pssi.org)
14:18
17 Pebruari 2024

5 Pelatih Top Dunia yang Pernah Kalahkan Shin Tae-yong, Termasuk Peraih Gelar Liga Champions

Kiprah Shin Tae-yong di dunia racik strategi memang terhitung mentereng. Namun, ada banyak pelatih top dunia yang sukses menumbangkan juru taktik asal Korea Selatan itu di berbagai pentas,

Pengalaman Shin Tae-yong menumbangkan arsitek-arsitek top ini tentu menjadi rekam jejak yang positif. Itulah sebabnya, dia mendapatkan kepercayaan luar biasa untuk menangani Timnas Indonesia.

Lalu, siapa sajakah pelatih top dunia yang sudah berhasil ditaklukkan Shin Tae-yong sepanjang kariernya? Berikut Suara.com menyajikan nama-namanya.

1. Graham Arnold

Nama pertama dalam daftar ini ialah Graham Arnold. Dia termasuk sebagai salah satu pelatih top dunia karena sukses mengantarkan Australia lolos hingga babak 16 besar pada ajang Piala Dunia 2022.

Graham Arnold menumbangkan Shin Tae-yong pada Piala Asia 2023. Saat itu, anak asuhnya sukses membantai Timnas Indonesia dengan skor 4-0 saat berjumpa di babak 16 besar Piala Asia 2023.

2. Jesus Casas

Masih pada ajang yang sama, yakni Piala Asia 2023, Shin Tae-yong juga takluk dari Jesus Casas. Momen ini tepatnya ketika Indonesia digulung Irak 1-3 pada fase grup. Sebelumnya, Irak juga sempat membantai Indonesia 5-1 di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Jesus Casas memang punya rekam jejak yang top karena pernah menjadi asisten pelatih Timnas Spanyol pada periode 2018-2022. Setelah menangani Timnas Irak, dia sudah mempersembahkan gelar Kings Cup 2023 dan Arabian Gulf Cup 2023.

3. Herve Renard

Pelatih yang punya rekam jejak impresif, Herve Renard, juga pernah membuat skuad asuhan Shin Tae-yong merana. Dia menumbangkan Korea Selatan asuhan STY dengan skor 3-1 pada medio 2017.

Sebelumnya, dia punya catatan yang luar biasa saat membawa Timnas Zambia menjuarai Piala Afrika 2012. Tujuh tahun berselang, giliran Timnas Pantai Gading yang dibawa menjuarai Piala Afrika 2019.

4. Branko Ivankovic

Selanjutnya, ada sosok bernama Branko Ivankovic. Pelatih yang sukses membawa Timnas Iran U-23 menjuarai Asian Games 2022 dan Dinamo Zagreb menjuarai Liga Kroasia itu pernah menggebuk Shin Tae-yong.

Ketika itu, Branko Ivankovic berstatus sebagai pelatih Timnas Oman. Dia membawa anak asuhnya menang 3-1 atas Timnas Indonesia pada laga uji coba.

5. Rafael Benitez

Yang terakhir, nama pelatih top dunia yang sudah berhasil menaklukkan Shin Tae-yong ialah Rafael Benitez. Juru taktik asal Spanyol ini memang punya catatan top karena pernah meraih gelar Liga Champions bersama Liverpool.

Momen ini tepatnya terjadi pada fase semifinal Piala Dunia Antarklub 2010. Ketika itu, Shin Tae-yong yang mengasuh Seongnam FC digulung Inter Milan asuhan Rafael Benitez dengan skor 3-0 tanpa balas.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #pelatih #dunia #yang #pernah #kalahkan #shin #yong #termasuk #peraih #gelar #liga #champions

KOMENTAR