Ernando Ari Siap-siap, Situasi Maarten Paes Tak Mendukung Bela Timnas Indonesia vs Bahrain
Kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari bersalaman dengan kapten timnas Jepang, Wataru Endo di Piala Asia 2023. [Dok. IG/@nandoariiiss]
15:42
8 Oktober 2024

Ernando Ari Siap-siap, Situasi Maarten Paes Tak Mendukung Bela Timnas Indonesia vs Bahrain

Kiper Ernando Ari Sutaryadi mungkin harus segera menyiapkan mental dan fisik untuk menjaga gawang Timnas Indonesia lawan Bahrain, Kamis (10/10/2024). Pasalnya, situasi Maarten Paes kurang mendukung untuk bisa tampil.

Maarten Paes menjadi satu-satunya pemain yang belum bergabung dengan skuad Timnas Indonesia di Bahrain.

Manajer Timnas Indonesia, Sumardji menjelaskan Maarten Paes diperkirakan baru akan tiba pada Rabu (9/10/2024) alias sehari jelang pertandingan.

“Maarten Paes besok siang, sekitar pukul 14.40 akan tiba di Bahrain," kata Sumardji disela-sela latihan kedua Timnas Indonesia di Bahrain, Senin (8/10/2024).

Baca Juga: Terungkap! Nathan Tjoe-A-On Punya Rekan Orang Indonesia Bahkan Sebelum Dinaturalisasi

Penjelasan Sumardji menimbulkan kekhawatiran bahwa kondisi Maarten Paes mungkin kurang ideal untuk menjadi starter di laga Bahrain vs Timnas Indonesia.

Penerbangan panjang dari Amerika Serikat ke Bahrain jelas akan melelahkan untuk Maarten Paes. Fakta bahwa dirinya baru tiba H-1 jelang laga pun membuat proses pemulihan mungkin tak akan optimal.

Apalagi, Maarten Paes juga datang dengan kondisi cedera pergelangan tangan ringan. Meski terlihat sudah ikut latihan FC Dallas, tidak diketahui pasti seperti apa kondisinya.

"Tadi kami minta dokter tim [FC Dallas] untuk berkoordinasi dan cek kondisi terakhir [Maarten Paes] sebelum terbang," kata Sumardji.

"Kalau kondisinya, semakin hari semakin membaik," tambahnya.

Baca Juga: Bocoran Rekan Mees Hilgers: 3 Pemain Keturunan Potensi Merapat ke Timnas Indonesia

Cedera, Tangan Maarten Paes Dibalut Benda Hitam Mirip Papan untuk Patah Tulang (IG Garudaletsgo.id)Cedera, Tangan Maarten Paes Dibalut Benda Hitam Mirip Papan untuk Patah Tulang (IG Garudaletsgo.id)

Situasi itu mungkin membuat Shin Tae-yong harus segera membuat keputusan terkait siapa sosok yang akan menjaga gawang Timnas Indonesia.

Selain Paes, skuad Merah Putih memiliki Ernando Ari dan Nadeo Argawinata. Sebelum kehadiran Paes, nama pertama merupakan kiper andalan Shin Tae-yong.

Menyitat Transfermarkt, Ernando Ari kali terakhir membela Timnas Indonesia ketika menang 2-0 atas Filipina dalam matchday Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 11 Juni lalu.

Setelahnya, posisi penjaga gawang dikuasai Maarten Paes ketika Timnas Indonesia menahan Arab Saudi dengan skor 1-1 dan Australia (0-0) pada September lalu.

Ernando Ari sejauh ini telah tampil 13 kali bersama Timnas Indonesia level senior. Dalam periode itu, dia kebobolan 18 kali dan berhasil nirbobol atau cleansheet lima kali.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #ernando #siap #siap #situasi #maarten #paes #mendukung #bela #timnas #indonesia #bahrain

KOMENTAR