Piala Asia 2023: Jepang vs Timnas Indonesia, Gelandang Arsenal Ingin Hancurkan Skuad Garuda Sejak Menit Awal
Para pemain Timnas Jepang merayakan gol ke gawang Vietnam pada laga Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Minggu (14/1/2024). [KARIM JAAFAR / AFP]
16:18
24 Januari 2024

Piala Asia 2023: Jepang vs Timnas Indonesia, Gelandang Arsenal Ingin Hancurkan Skuad Garuda Sejak Menit Awal

Jepang akan berhadapan dengan Timnas Indonesia dalam matchday pamungkas Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024) malam WIB. Gelandang Arsenal, Takehiro Tomiyasu bertekad menghancurkan sejak menit awal.

Bukan tanpa alasan, bagi Tomiyasu, Timnas Indonesia bisa memanfaatkan momentum. Jangan sampai Jepang terbawa permainan Timnas Indonesia sehingga menyulitkan mereka sendiri.

Tomiyasu ogah meremehkan Timnas Indonesia. Sebab, di dua laga sebelumnya Samurai Biru mendapat perlawanan sengit dari Vietnam (4-2) dan Irak (1-2).

Para pemain Timnas Indonesia saat berlaga melawan Vietnam di Piala Asia 2023 (pssi.org)Para pemain Timnas Indonesia saat berlaga melawan Vietnam di Piala Asia 2023 (pssi.org)

"Saya tahu pasti ini bukan pertandingan yang mudah. Dua pertandingan melawan Vietnam dan Irak benar-benar menyadarkan saya bahwa Piala Asia dan tim-tim Asia tidak mudah untuk dimainkan," kata Tomiyasu saat konferensi pers sehari jelang laga.

“Kita sudah mengkaji kekalahan dari Irak. Indonesia masih punya peluang untuk maju, jadi kita tidak boleh terbawa dengan momentum mereka," sambungnya.

Tomiyasu kemungkinan besar akan turun sebagai starter di laga melawan Timnas Indonesia. Ini bisa menjadi bukti pelatih Hajime Moriyasu tidak main-main dalam mengincar kemenangan.

Adapun Tomiyasu baru kembali dari cedera. Sang pemain absen saat Jepang menang melawan Irak. Sedangkan saat bersua Vietnam, dia turun di babak kedua.

"Jepang harus menyerang dulu dan mengalahkan mereka (Timnas Indonesia)," pungkas pemain 25 tahun tersebut.

Peluang Jepang dan Timnas Indonesia bisa dibilang sama-sama besar untuk merebut tiket ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Meski memang, Samurai Biru lebih diunggulkan bisa mengalahkan Timnas Indonesia.

Jepang kini mempunyai koleksi tiga poin setelah menang atas Vietnam (4-2) dan kalah dari Irak (1-2). Di sisi lain, Indonesia pun memiliki poin yang sama setelah sebelumnya menelan kekalahan dari Irak (1-3) dan menang atas Vietnam (1-0).

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #piala #asia #2023 #jepang #timnas #indonesia #gelandang #arsenal #ingin #hancurkan #skuad #garuda #sejak #menit #awal

KOMENTAR