Siapa Mylian Jimenez? Pemain Keturunan Madiun Incaran Atletico Madrid, Si Raja Tekel Punya Umpan Maut
Mylian Jimenez, pemain keturunan Madiun yang bisa jadi opsi bagi Timnas Indonesia untuk perkuat lini pertahanan. (@indobloodtalent)
18:12
2 Oktober 2024

Siapa Mylian Jimenez? Pemain Keturunan Madiun Incaran Atletico Madrid, Si Raja Tekel Punya Umpan Maut

Mengenal lebih jauh sosok Mylian Jimenez, pemain Belanda yang memiliki keturunan Indonesia, tepatnya dari Bogor dan Madiun.

Indonesia memiliki banyak pemain keturunan yang tersebar di Eropa, terutama di negara Belanda karena sejarah kedua negara di masa silam.

Para pemain keturunan ini banyak berkarier di klub-klub top Eropa dan bisa saja dilirik Timnas Indonesia suatu saat nanti.

Salah satu pemain keturunan Indonesia di Belanda yang bermain di klub top adalah Mylian Jimenez. Tercatat, ia bermain bersama klub papan atas Denmark, Aalborg BK.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Mats Deijl: BIkin Fans Timnas Malaysia Kecele karena Gagal Naturalisasi

Sebelum bermain di Aalborg BK, Mylian Jimenez sempat bermain di akademi PSV Eindhoven dan bermain di Jong PSV di kasta kedua Liga Belanda, Eerste Divisie.

Pemain yang kini berusia 21 tahun itu dilepas oleh Jong PSV ke Aalborg BK pada Juli kemarin dengan status bebas transfer usai kontraknya habis.

Berbicara soal darah keturunannya, dilansir dari akun Instagram @indobloodtalent, Mylian Jimenez memiliki darah keturunan Indonesia dari pihak kakek dan nenek dari sang ibu.

“Mylian Jimenez punya darah Indonesia dari sisi ibunya. Kakek dan neneknya lahir di Bogor dan Madiun, sementara ayahnya lahir di Kolombia,” tulis akun @indobloodtalent.

Lantas, seperti apa sepak terjang Mylian Jimenez? Apakah dirinya layak dilirik PSSI untuk membela Timnas Indonesia suatu hari nanti?

Baca Juga: Upaya Malaysia Naturalisasi Mats Deijl Kandas di Tangan FIFA karena Hal Ini

Pernah Diincar Klub-klub Besar

Mylian Jimenez merupakan pemain keturunan Indonesia yang bermain sebagai gelandang tengah. Ia lahir di Nijmegen, Belanda, pada 13 Januari 2003.

Karier sepak bolanya bermuladi VV Union dan berlanjut di akademi PSV Eindhoven dengan bermain di level akademi, U-17, U-18, dan U-21.

Saat bermain di level akademi, Mylian Jimenez selalu menjadi andalan dengan mencetak total 110 penampilan di segala level dengan sumbangan 12 gol dan 19 assist.

Kiprahnya di akademi PSV itu membuat Mylian Jimenez sempat menjadi buruan klub-klub top besar di Eropa saat masih remaja.

Dikutip dari Voetbal Primeur, Mylian Jimenez sempat menjadi incaran Atletico Madrid, Valencia, dan salah satu klub top Italia, Sampdoria.

Tapi, Mylian Jimenez memilih bertahan dan mengembangkan kariernya di akademi PSV. Alhasil, ia pun menjadi salah satu pemain muda paling bertalenta di Belanda.

Karena kiprahnya di level akademi, Mylian Jimenez sempat bermain di Timnas Belanda kelompok umur dengan bermain untuk tim U-16, U-17, dan U-19.

Sayangnya karier Mylian Jimenez tak berjalan apik. Keputusannya bertahan di PSV berujung dengan tak diperpanjangnya kontrak yang ia miliki pada 2024 kemarin.

Alhasil, Mylian Jimenez memilih bergabung tim Denmark, Aalborg BK, per Juli lalu dengan status bebas transfer.

Statistik Mylian Jimenez

Usai bergabung Aalborg BK, Mylian Jimenez yang punya nama besar di masa muda langsung jadi andalan klub Denmark tersebut.

Di musim 2023/2024 ini, tercatat Mylian Jimenez telah tampil sebanyak 11 kali dengan rincian 9 kali di kancah liga dan 2 kali di Piala Denmark.

Meski belum mencetak gol dan assist, Mylian Jimenez punya catatan apik saat bermain sebagai gelandang tengah Aalborg BK, seperti yang dilansir dari Sofascore.

Dari 9 penampilan di kancah liga, tercatat Mylian Jimenez rata-rata mampu menyentuh bola sebanyak 37,2 kali per laga dengan melepaskan 21,3 operan sukses per laga.

Saat menjalankan tugas bertahan, Mylian Jimenez rata-rata membuat 1,6 tekel, 0,7 intersep, dan 1,2 sapuan serta 2 Recoveries per laga.

Aksi bertahannya sebagai gelandang tengah juga terlihat saat melakoni duel. Tercatat, Mylian Jimenez memenangkan 2,7 duel di lapangan dan udara per laga.

Dengan catatan itu, Mylian Jimenez bisa saja menjadi alternatif Jairo Riedewald andai eks Crystal Palace itu tak bisa dinaturalisasi.

Apalagi Mylian Jimenez telah mencantumkan bendera Indonesia bersama Belanda dan Kolombia di bio Instagram-nya, @mylianjimenez.

(Felix Indra Jaya)

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #siapa #mylian #jimenez #pemain #keturunan #madiun #incaran #atletico #madrid #raja #tekel #punya #umpan #maut

KOMENTAR