Timnas Indonesia Bisa Lolos 16 Besar Piala Asia 2023 Malam Ini, Cuma Butuh 1 Skenario!
Para pemain Timnas Indonesia berselebrasi setelah menjebol gawang Irak di laga pertama Piala Asia 2023 (pssi.org)
15:06
23 Januari 2024

Timnas Indonesia Bisa Lolos 16 Besar Piala Asia 2023 Malam Ini, Cuma Butuh 1 Skenario!

Timnas Indonesia secara matematis belum dipastikan lolos ke 16 besar Piala Asia 2023. Namun, terdapat skenario yang membuat jalan Garuda melaju ke fase knock-out lebih mulus dan bahkan bisa dipastikan hari ini, Selasa (23/1/2024).

Skuad Garuda akan menghadapi Jepang dalam matchday ketiga atau terakhir Grup D Piala Asia 2023 pada Rabu (24/1/2024) malam WIB. Hasil laga tersebut bisa menentukan nasib kedua tim dalam misi lolos ke fase knock-out.

Timnas Indonesia saat ini menduduki peringkat tiga klasemen Grup D dengan koleksi tiga poin dan selisih gol -1. Jumlah poin tim Merah Putih setara Jepang, tetapi Samurai Biru berhak menduduki posisi runner-up karena unggul jumlah mencetak gol (5) dan selisih gol (+1).

Artinya, Timnas Indonesia akan lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup D andai mengalahkan Jepang, atau bermain imbang dan melaju lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Namun, sebelum membahas kemungkinan itu, tim asuhan pelatih Shin Tae-yong sejatinya bisa dipastikan lolos ke 16 besar hari ini, Selasa (23/1/2024) alias H-1 sebelum laga kontra Jepang.

Skenario Timnas Indonesia ke 16 Besar

Kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari tampil di Piala Asia 2023. [KARIM JAAFAR / AFP]Kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari tampil di Piala Asia 2023. [KARIM JAAFAR / AFP]

Terdapat skenario lain yang membuat jalan tim asuhan Shin Tae-yong lebih mudah, yakni dengan mengandalkan hasil dari tim-tim lain, terutama peringkat ketiga dan keempat Grup B dan C yang akan saling bertarung malam ini, Selasa (23/1/2024).

Apabila dua pertandingan antara tim peringkat tiga dan empat dari Grup B dan C, setidaknya salah satu berakhir imbang, maka Timnas Indonesia akan dipastikan melangkah ke 16 besar.

Dari Grup B, Suriah dan India akan saling sikut pukul 18.30 WIB. Suriah berada di posisi ketiga dengan 1 poin dan selisih gol -1, sedangkan India ada di posisi juru kunci dengan 0 poin dan selisih gol -5.

Lalu, dari Grup C, Palestina yang di peringkat tiga dengan mengoleksi 1 poin dan selisih gol -3 akan bertemu Hong Kong yang berada di posisi terakhir dengan 0 poin dan selisih gol -3.

Skenario ini bisa tercipta setelah tuan rumah Qatar "membantu" Timnas Indonesia dengan cara mengalahkan China dalam matchday terakhir Grup A pada Senin (22/1/2024) malam WIB.

Qatar mengalahkan China 1-0, membuat Negeri Tirai Bambu cuma mengoleksi dua poin di Grup A. Situasi itu membuat mereka tak punya potensi untuk menggeser Timnas Indonesia dari klasemen peringkat tiga terbaik.

Klasemen Peringkat Tiga Terbaik Piala Asia 2023

Klasemen sementara peringkat tiga terbaik Piala Asia 2023. [Dok. Wikipedia]Klasemen sementara peringkat tiga terbaik Piala Asia 2023. [Dok. Wikipedia]

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #timnas #indonesia #bisa #lolos #besar #piala #asia #2023 #malam #cuma #butuh #skenario

KOMENTAR