Update Ranking BWF Usai Hongkong Open 2024: Ana/Tiwi Gusur Apriyani/Fadia di Posisi 10 Besar, Putri KW Melesat
Atlet bulu tangkis tunggal putri Indonesia Putri Kusuma Wardani saat melakoni babak perempat final tim beregu putri Asian Games 2022 Hangzhou, Tiongkok, Jumat (29/9). (Antara/NOC Indonesia/Naif Al'as)
15:28
17 September 2024

Update Ranking BWF Usai Hongkong Open 2024: Ana/Tiwi Gusur Apriyani/Fadia di Posisi 10 Besar, Putri KW Melesat

– Update ranking BWF pasca Hongkong Open 2024 telah dirilis. Sejumlah wakil Indonesia mengalami peningkatan peringkat, termasuk duet ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi dan pebulu tangkis tunggal putri Putri Kusuma Wardani.

Ranking BWF selalu diperbaharui setiap Selasa. Nah, per 17 September ini, peringkat terbaru sudah muncul. BWF telah menambahkan poin yang didapat seluruh pemain usai sejumlah turnamen pekan lalu, termasuk Hongkong Open 2024.

Satu yang paling menarik perhatian dari update ranking BWF kali ini adalah Ana/Tiwi, akronim Febriana/Amallia, yang kini sah menjadi ganda putri terbaik di Indonesia. Mereka berhasil masuk ke sepuluh besar.

Pekan lalu, ranking BWF Ana/Tiwi masih menempati urutan ke-12 dunia. Artinya, dia naik dua anak tangga menyusul hasil apik di Hongkong Open 2024. Ya, dalam turnamen BWF World Tour Super 500 tersebut, Ana/Tiwi mampu melaju sampai babak perempat final.

Posisi Ana/Tiwi sekarang pun jadi yang terbaik di ganda putri, menggusur Apriyani/Fadia yang selama ini selalu unggul dalam ranking BWF. Apriyani/Fadia sebelumnya berada di posisi ke-10 dunia.

Tapi, Apriyani/Fadia harus ikhlas tergusur dan keluar dari 10 besar lantaran absen dalam banyak kejuaraan. Terakhir kali mereka bertanding adalah di Olimpiade Paris 2024, di mana Apriyani/Fadia gagal total dengan menelan dua kekalahan di fase grup. Akibatnya, mereka kini turun ke posisi ke-12 dunia.

Perubahan signifikan juga dialami oleh Putri Kusuma Wardani di tunggal putri. Pemain jebolan PB Exist Jakarta itu kini mendekat ke peringkat 20 besar, tepatnya di urutan ke-22 dalam update ranking BWF terbaru.

Putri KW naik sembilan tingkat dari yang sebelumnya menempati posisi ke-31. Melesatnya peringkat sang pebulu tangkis didapat setelah dia keluar sebagai runner-up di Hongkong Open 2024.

Itu jadi runner-up kedua yang didapat oleh Putri KW dalam dua pekan beruntun. Sebelumnya pemain yang juga anggota polisi wanita (polwan) itu juga lolos ke final Taipei Open 2024.

Dari ganda putra, ranking BWF Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani juga meroket. Duet non-Pelatnas PBSI naik lima tingkat usai menjadi runner-up di Hongkong Open 2024. Sabar/Reza kini berada di urutan 17 dunia, setelah pekan lalu menempati posisi ke-22 dunia.

Selain Sabar/Reza, ada juga Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana yang naik terus dalam ranking BWF. Mereka yang menembus semifinal di Hongkong Open 2024, melewati 21 pasangan dunia dalam sepekan.

Leo/Bagas sekarang sudah berada di posisi ke-70 dunia. Padahal, mereka baru dipasangkan beberapa bulan lalu dan baru ikut tiga turnamen BWF saja.

Peningkatan ranking BWF tersebut tak lepas dari pencapaian Leo/Bagas dalam tiga turnamen awal. Di Super 750 Japan Open 2024 misalnya, di mana mereka mampu mencapai semifinal.

Kemudian di BWF World Tour Super 500 Korea Open 2024, Leo/Bagas mampu melaju lebih jauh. Mereka menjadi runner-up usai kalah dari Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae asal Korea Selatan.

Bagi Indonesia, torehan yang dicapai sejumlah wakil tersebut cukup apik mengingat status mereka selama ini adalah pelapis. Namun, sayangnya performa dan tren apik itu tak diikuti oleh para andalan tiap sektor seperti Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra), Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (ganda putra), Apriyani/Fadia (ganda putri), Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri), dan lainnya.

Editor: Edi Yulianto

Tag:  #update #ranking #usai #hongkong #open #2024 #anatiwi #gusur #apriyanifadia #posisi #besar #putri #melesat

KOMENTAR