Taipei Open: Febriana/Amallia Menangi 'Perang Saudara', Putri Kusuma Wardani Harus Puas Jadi Runner-up
Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi meraih gelar Taipei Open 2024. (Instagram/@badminton.ina)
17:07
8 September 2024

Taipei Open: Febriana/Amallia Menangi 'Perang Saudara', Putri Kusuma Wardani Harus Puas Jadi Runner-up

– Satu gelar dan dua runner-up berhasil diraih oleh para pebulutangkis Indonesia di BWF World Tour Super 300 Taipei Open 2024. Gelar juara direbut oleh pasangan ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi, sedangkan runner-up didapat atas nama Putri Kusuma Wardani dan Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum.

Ya, Indonesia memang sudah memastikan satu gelar dari sektor ganda putri sejak kemarin. Sebab dalam laga final yang berlangsung di Taipei Arena, Minggu (8/9) siang tadi, dua pasangan Indonesia bertempur untuk memperebutkan gelar juara.

Hasilnya, Ana/Tiwi -sapaan Febriana/Amalia- sukses memenangi 'perang saudara' kontra Jesita/Febi lewat pertarungan straight atau dua gim langsung, 21-15, 21-16. Ana/Tiwi pun keluar sebagai yang terbaik dalam turnamen BWF World Tour Super 300 tersebut.

Bagi Ana/Tiwi, ini merupakan gelar kedua mereka di BWF World Tour. Semuanya diraih pada 2024, di mana sebelumnya pasangan kombinasi PB Djarum Kudus dan PB Mutiara Cardinal Bandung itu berhasil menjuarai Super 500 Australian Open 2024 pada Juni lalu.

Bisa dikatakan, Ana/Tiwi back-to-back juara karena Australian Open 2024 adalah turnamen terakhir mereka sebelum Taipei Open 2024 ini.

Sementara bagi Jesita/Febi, kekalahan dari Ana/Tiwi tidaklah buruk. Sebaliknya, jadi final Super 300 perdana mereka dalam berpasangan, sekaligus jadi modal awal apik mereka dalam naik kelas.

Jesita/Febi sebelumnya memang sudah teruji di level International Challenge (IC) dan Super 100. Bahkan pada tahun ini saja mereka sudah menyabet dua gelar Super 100, yaknj Kaohsiung Masters 2024 di Taiwan dan Indonesia Masters 2024 di Pekan Baru pada awal bulan ini.

Bergeser ke sektor tunggal putri, wakil Indonesia Putri Kusuma Wardani dipastikan gagal menjadi juara setelah tumbang dari Sim Yu Jin (Korea Selatan) pada partai final. Dia kalah 17-21, 13-21 dalam pertarungan berdurasi 34 menit.

Dengan demikian, Putri Kusuma Wardani harus puas menjadi runner-up Taipei Open 2024. Pun begitu, pencapaian pemain didikan PB Exist Jakarta tersebut juga tidak bisa dianggap jelek.

Taipei Open 2024 merupakan kali pertama Putri Kusuma Wardani menembus final lagi setelah sekian lama. Ya, terakhir kali dia menjejak ke partai puncak adalah pada 3 April 2022 alias 888 hari lalu. Kala itu Putri Kusuma Wardani keluar sebagai juara dalam ajang BWF World Tour Super 100 Orleans Masters 2022.

Selain itu, hasil Putri Kusuma Wardani di Taipei Open 2024 ini juga sudah sesuai dengan target tim pelatih. Apalagi saat ini dia juga sedang dalam rencana sengaja menurunkan level pertandingan karena rentetan hasil buruk dalam dua tahun terakhir.

"Jadi kita memang ingin memulai dari awal lagi biar dia (Putri Kusuma Wardani) lebih confident lagi. Baru setelah itu kita push lagi ke atas," kata Herli Djaenudin, asisten pelatih tunggal putri Indonesia.

Editor: Edi Yulianto

Tag:  #taipei #open #febrianaamallia #menangi #perang #saudara #putri #kusuma #wardani #harus #puas #jadi #runner

KOMENTAR