Bamsoet Pastikan Batal Maju Jadi Calon Ketum Partai Golkar, Dukung Bahlil Jadi Ketua Umum
Ketua MPR RI ke-16 sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo 
20:17
19 Agustus 2024

Bamsoet Pastikan Batal Maju Jadi Calon Ketum Partai Golkar, Dukung Bahlil Jadi Ketua Umum

- Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengungkapkan dirinya tidak akan maju sebagai calon ketua umum Partai Golkar.

Tujuannya agar soliditas partai tetap terjaga serta menghindari dinamika yang bisa membuat retak Partai Golkar usai mundurnya Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar pekan lalu.

Hal itu disampaikan pria yang akrab disapa Bamsoet itu usai rapat gabungan Panitia Penyelenggara bersama plt Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita di JCC Jakarta, Senin (19/9/2024).

"Keutuhan dan soliditas Partai Golkar merupakan yang utama. Dinamika yang terjadi di Partai Golkar dengan mundurnya Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar harus disikapi dengan bijak. Diperlukan kesadaran kolektif yang harus dibangun seluruh kader Partai Golkar untuk bersama menyelamatkan Partai Golkar," kata Bamsoet.

Ketua MPR RI itu menjelaskan, sebelum Airlangga Hartarto mundur sebagai Ketum DPP Partai Golkar, dirinya bersama Agus Gumiwang Kartasasmita dan Bahlil Lahadalia sepakat akan maju sebagai calon Ketum Partai Golkar guna bertarung dengan Airlangga Hartarto sebagai petahana.

Agus Gumiwang sendiri setelah ditunjuk sebagai Plt Ketum Partai Golkar telah menyatakan diri tidak akan maju sebagai calon Ketum Partai Golkar.

"Melihat situasi politik yang berubah total, saya, Agus Gumiwang dan Bahlil Lahadalia telah berembuk dan sepakat untuk mendukung salah satu dari kita sebagai Ketum Partai Golkar. Hasilnya, Saya dan Agus Gumiwang sepakat mendukung Bahlil Lahadalia sebagai Ketum Partai Golkar periode 2024-2029. Dalam Munas XI Partai Golkar nanti, kemungkinan besar akan memilih Bahlil Lahadalia secara aklamasi," ujar Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI ini menjelaskan, dinamika yang terjadi di tubuh Partai Golkar tidak akan mengganggu pencalonan kepala daerah dari Partai Golkar dalam Pilkada 2024.

Termasuk, menyukseskan pelantikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka serta mendukung penuh pemerintahan Prabowo - Gibran dalam lima tahun ke depan.

"Partai Golkar merupakan salah satu partai besar dengan jam terbang yang sangat tinggi. Soliditas antar kader pun tidak perlu diragukan. Berbagai ujian telah dialami Partai Golkar, namun 'Pohon Beringin' tetap berdiri tegak. Terbukti, Partai Golkar selalu berada di posisi atas dalam perolehan suara, baik dalam pemilihan legislatif maupun pemilihan kepala daerah," kata Bamsoet.

Editor: Dodi Esvandi

Tag:  #bamsoet #pastikan #batal #maju #jadi #calon #ketum #partai #golkar #dukung #bahlil #jadi #ketua #umum

KOMENTAR