Diundang Bukan Sebagai Pejabat, Prabowo Batal Hadiri Acara PP Muhammadiyah di Yogyakarta, Apa Alasannya?
Diundang Bukan Sebagai Pejabat, Prabowo Batal Hadiri Acara PP Muhammadiyah di Yogyakarta, Apa Alasannya? (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)
15:28
28 Juli 2024

Diundang Bukan Sebagai Pejabat, Prabowo Batal Hadiri Acara PP Muhammadiyah di Yogyakarta, Apa Alasannya?

Presiden Terpilih Prabowo Subianto batal hadir dalam agenda Konsolidasi Nasional Muhammadiyah di kampus Universitas 'Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (28/7/2024).

Prabowo semula dijadwalkan menjadi pembicara pada sesi "Dialog Kebangsaan: Memajukan Nasional" mulai pukul 09.30 - 11.00 WIB.

"Karena beliau (Prabowo) enggak bisa,  ya sudah fokus ke (pembahasan) internal," kata Kepala Kantor PP Muhammadiyah Arif Nur Kholis seperti ditulis Antara, Minggu.

Menurut Arif, Prabowo diundang hadir pada hari kedua Konsolidasi Nasional Muhammadiyah bukan dalam posisi sebagai Menteri Pertahanan (Menhan).

Baca Juga: Dapat 'Jatah' Urus Tambang, Pemuda Muhammadiyah: Organisasi Kami Tak Pernah Ada Jejak Raup Keuntungan Pribadi

"Beliau itu sebagai pribadi, walaupun kadang-kadang protokolnya melekat karena punya jabatan. Jadi tidak khusus sebagai pejabat," kata dia.

Kepala Kantor PP Muhammadiyah Arif Nur Kholis. (Antara)Kepala Kantor PP Muhammadiyah Arif Nur Kholis. (Antara)

Turut Undang JK

Selain Prabowo, PP Muhammadiyah sebelumnya juga mengundang Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Republik Indonesia Muhammad Jusuf Kalla menjadi salah satu narasumber pada agenda konsolidasi hari pertama.

Arif menuturkan masih banyak agenda internal yang dibahas pada hari terakhir konsolidasi nasional yang diikuti seluruh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) se-Indonesia.

Selain soal konsesi atau izin tambang dari pemerintah, sejumlah program strategis lain turut dibahas seperti Kalender Hijriah Global Tunggal, hingga soal pengalihan dana simpanan organisasi Islam terbesar itu dari Bank Syariah Indonesia (BSI).

Baca Juga: Pemuda Muhammadiyah Akui Ormas Terima Izin Tambang Bisa Picu Pro-Kontra, Tapi...

Forum itu juga menjadi sarana penyampaian capaian program kerja 35 PWM, termasuk berbagai organisasi otonom Muhammadiyah dari kalangan pemuda, pelajar, dan mahasiswa.

PP Muhammadiyah menggelar konsolidasi nasional secara tertutup di gedung Masjid Walidah Dahlan di kompleks Kampus Universitas 'Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta, Sleman, DIY, selama dua hari, 27-28 Juli 2024.

Agenda tahunan tersebut merupakan forum musyawarah atau komunikasi PP Muhammadiyah dengan seluruh pimpinan wilayah organisasi itu. (Antara)

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #diundang #bukan #sebagai #pejabat #prabowo #batal #hadiri #acara #muhammadiyah #yogyakarta #alasannya

KOMENTAR