Shin Tae-yong Bangga Bisa Dapat Golden Visa dari Jokowi, Janji Lebih Kerja Keras Buat Timnas
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Suara.com/Lilis)
15:16
25 Juli 2024

Shin Tae-yong Bangga Bisa Dapat Golden Visa dari Jokowi, Janji Lebih Kerja Keras Buat Timnas

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mendapatkan golden visa dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Shin Tae-young menjadi warga negara asing (WNA) pertama di Indonesia yang mendapatkan golden visa tersebut.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengaku tidak tahu kalau dirinya akan mendapatkan golden visa langsung dari Presiden Jokowi. Bahkan dirinya bingung mengapa dirinya bisa mendapatkan fasilitas tersebut.

"Jujur saya sebetulnya nggak tahu ada golden visa. Tapi begitu tahu ini yang pertama kali akan mendapatkan golden visa, sedikit bingung juga, apalagi disahkan oleh pak presiden langsung. Jadi sangat senang dan berarti bagi saya," kata Shin Tae-yong ditemui usai acara peresmian golden visa di Jakarta, Kamis (25/7/2024).

Setelah memiliki golden visa tersebut, Shin Tae yong otomatis memiliki izin tinggal di Indonesia selama 5-10 tahun. Selain itu, dia juga akan lebih dimudahkan bila ingin melakukan investasi di Indonesia.

Baca Juga: Apa itu Golden Visa? Izin Tinggal Ekslusif yang Diberikan ke Shin Tae-yong di Indonesia

Di sisi lain, Shin Tae yong merasa kalau pemberian fasilitas itu jadi pemacu dirinya untuk lebih bekerja keras sebagai pelatih.

"Utuk golden visa ini merasa harus bekerja keras lagi untuk Indonesia. Karena memang sepakbola Indonesia masih di bawah secara rangking. Jadi harus bekerja keras menjelang (kualifikasi) piala dunia yang akan datang," tuturnya.

Dia juga merasa upayanya sebagai pelatih Timnas Indonesia selama 4,5 tahun terakhir tidak sia-sia. Pemberian golden visa tersebut dipandang Shin Tae young sebagai suatu penghargaan bagi dirinya.

"Merasa bangga dengan diri sudah bekerja keras selama empat tahun setengah, karena artinya mendapatkan pengakuan baik dari masyarakat dan presiden langsung," pungkasnya.

Baca Juga: Dapat Golden Visa dari Jokowi, Shin Tae-yong Ucap Kalimat Menyentuh

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #shin #yong #bangga #bisa #dapat #golden #visa #dari #jokowi #janji #lebih #kerja #keras #buat #timnas

KOMENTAR