PBNU Kecam Pertemuan 5 Tokoh Muda NU Dengan Presiden Israel, Ancam Jatuhkan Sanksi
Lima orang mengaku tokoh muda NU bertemu Presiden Israel Isaac Herzog. (Foto: Istimewa)
14:24
15 Juli 2024

PBNU Kecam Pertemuan 5 Tokoh Muda NU Dengan Presiden Israel, Ancam Jatuhkan Sanksi

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Saifullah Yusuf menegaskan, tak ada mandat dari PBNU terkait pertemuan lima orang yang mengaku tokoh muda NU dengan Presiden Israel Isaac Herzog yang fotonya viral di media sosial.

Terkait pertemuan itu, pria yang akrab disapa Gus Ipul itu mengatakan, akan memanggil kelima orang tokoh muda NU itu untuk diklarifikasi. Mereka akan ditanya maksud dan tujuannya diam-diam bertemu dengan Presiden Israel di tengah ramainya kecaman terkait agresi negara itu ke Palestina.

“Yang bersangkutan akan dipanggil untuk dimintai keterangan dan penjelasan lebih dalam tentang maksud tujuannya, latar belakang, dan siapa yang memberangkatkan, serta hal-hal prinsip lainnya,” ujar pria yang akrab disapa Gus Ipul itu sebagaimana dilansir Antara, Senin (15/7/2024).

Tak hanya kelima tokoh muda NU, PBNU juga akan memanggil pimpinan badan otonom (banom), serta lembaga yang menjadi pengabdian dari kelima orang tersebut.

Baca Juga: Heboh 5 Tokoh Muda NU Bertemu Presiden Israel, Begini Sikap PBNU

Ia menjelaskan bahwa jika ditemukan unsur pelanggaran organisasi, maka bukan tidak mungkin kelima orang itu akan diberhentikan dari statusnya sebagai pengurus lembaga atau banom.

Ia dengan tegas juga menyayangkan kunjungan lima orang tersebut yang mengatasnamakan pemuda NU ke Israel dan bertemu Isaac Herzog.

“Kelima orang tersebut tidak mendapat mandat PBNU, dan juga tidak pernah meminta izin ke PBNU,” katanya.

Menurut dia, kepergian lima orang itu ke Israel adalah tindakan yang sangat tidak bijaksana di tengah situasi yang memanas antara Israel dan Palestina. Apalagi, lanjut dia, NU sebagai organisasi berada di barisan depan mengutuk serangan terus-menerus yang dilakukan Israel.

“Kepergian mereka ke Israel adalah tindakan yang sangat-sangat tidak bijaksana, membingungkan, dan mendapatkan banyak kecaman yang nyata. Kunjungan itu juga melukai perasaan kita semua,” ujar Gus Ipul.

Baca Juga: Lima Aktivisnya Kunjungi Israel, PBNU: Melukai Perasaan Nahdliyin

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #pbnu #kecam #pertemuan #tokoh #muda #dengan #presiden #israel #ancam #jatuhkan #sanksi

KOMENTAR