Opung Luhut Wajib Tahu! Pulau Sampah Sungai Citarum Jadi Gunjingan Pihak Asing
Kondisi lautan sampah di Jembatan Babakan Sapan (BBS) Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (12/6/2024). (ANTARA/Raisan al Farisi)
11:24
13 Juni 2024

Opung Luhut Wajib Tahu! Pulau Sampah Sungai Citarum Jadi Gunjingan Pihak Asing

Luhut Binsar Pandjaitan wajib tahu, kondisi sungai Citarum yang penuh dengan sampah jadi sorotan sejumlah media asing.

Salah satu media Amerika Serikat, Voice of America menampilkan potret lautan sampah di Sungai Citarum, Jawa Barat.

"People on boats collect recyclable plastics from the heavily polluted Citarum River at Batujajar in Bandung, West Java, Indonesia," tulis keterangan akun VOANews, seperti dikutip, Kamis (13/6/2024).

Potret lautan sampah itu bersumber dari AFP. Potret miris Sungai Citarum juga ditampilkan oleh media tetangga Malaysia, The Star.

Baca Juga: Tagih Janji Jokowi Sungai Citarum Bersih Dalam 7 Tahun: Kini Jadi Lautan Sampah

"Asean news headlines as at 10pm on Wednesday (June 12)" tulis tajuk The Star dengan menampilkan foto penuh sampah Sungai Citarum.

Sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut sempat mengatakan bahwa rapor merah di program perbaikan Citarum ialah pengurangan jaring keramba apung.

Luhut saat itu juga meminta agar dilakukan pembersihan sampah dan pengerukan di sepanjang bantaran Sungai Citarum.

"Saya kira ada waktu untuk membersihkan sungai sehingga kalau musim hujan, airnya mengalir lancar,” kata dia saat itu.

Luhut juga menegaskan bahwa pemerintah memiliki rasionalisasi soal kondisi Sungai Citarum yakni di 2025. Apa yang disampaikan Luhut ini sama dengan janji Jokowi untuk Sungai Citarum kembali bersih dalam waktu 7 tahun.

Baca Juga: Soal Perberasan, Bulog Siap Investasi di Negara Kamboja

"Air sumber kehidupan dan ekonomi warga. Sungai Citarum yang dulu jernih kini paling tercemar. Bersatu padu kita membersihkan Citarum. Kita berusaha secepat mungkin bisa bersih dan semoga dalam 7 tahun ke depan sudah bisa jadi sumber air minum -Jkw," cuit Jokowi pada 22 Februari 2018.

Sementara itu, Pj Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin mengatakan sampah di daerah aliran sungai (DAS) Citarum Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, karena volume sampah dan sedimentasi sungai.

Lautan sampah menyerupai pulau di DAS Citarum yang belakangan viral tersebut, kata Bey Triadi, karena badan sungai seluruhnya tertutup oleh sampah sejak beberapa waktu dan makin parah akhir pekan lalu, diperparah oleh kebiasaan warga di DAS Citarum yang masih membuang sampah ke sungai.

"Memang ini kan karena airnya turun, dan adanya sedimen dan terutama juga sampah ini kan kembali kepada kedisiplinan warga. Jadi kami mohon masyarakat jangan membuang sampah sembarangan, buanglah sampah pada tempatnya, dan ya ini akibatnya," kata Bey saat meninjau lokasi lautan sampah di kawasan Jembatan Babakan Sapan (BBS) Batujajar, Bandung Barat dikutip dari Antara.

Dari laporan yang didapatkannya di lapangan, jika aliran sungai lancar, sampah-sampah tersebut akan tertahan di ujung, namun karena volume sampah sudah meninggi ditambah sedimen, sampah tersebut bertumpuk di sepanjang aliran yang melintas di bawah jembatan BBS.

Pihaknya menargetkan upaya pembersihan sampah yang akan dilakukan secara maraton bisa menuntaskan tumpukan tersebut selama satu pekan ke depan, namun karena asal sampah datang dari berbagai daerah di Bandung Raya, proses pembersihan menurutnya akan memakan waktu.

"Kita akan bersihkan, mungkin lima hari sampai satu minggu. Kebayang teman-teman lihat sendiri banyak sampahnya, mulai dari mana juga bingung, karena dari Bandung Raya, Kabupaten Bandung, Kota Bandung dan Cimahi, Bandung Barat juga," jelasnya.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #opung #luhut #wajib #tahu #pulau #sampah #sungai #citarum #jadi #gunjingan #pihak #asing

KOMENTAR