Curhat Menggigil, KPK Bantah Biarkan Hasto PDIP Kedinginan saat Diperiksa: Itu Diminta Penyidik Koreksi BAP
CCurhat Menggigil, KPK Bantah Biarkan Hasto PDIP Kedinginan saat Diperiksa: Itu Diminta Penyidik Koreksi BAP. [Suara.com/Alfian Winanto]
20:48
10 Juni 2024

Curhat Menggigil, KPK Bantah Biarkan Hasto PDIP Kedinginan saat Diperiksa: Itu Diminta Penyidik Koreksi BAP

Anggota Tim Juru Bicara (Jubir) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Budi Prasetyo menanggapi pernyataan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto yang mengaku kedinginan saat diperiksa sebagai saksi dalam kasus Harun Masiku.

Menurut Budi, Hasto bukan dibiarkan kedinginan di ruang penyidik, melainkan diminta untuk membaca berita acara pemeriksaan (BAP).

“Kami luruskan bahwa saksi H (Hasto) pada saat itu diberikan kesempatan untuk membaca BAP dan mengoreksi BAP yang disodorkan penyidik,” kata Budi di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (10/6/2024).

Dia menjelaskan penyidik memang sempat meninggalkan Hasto di ruangan tersebut, tetapi bukan untuk dibiarkan begitu saja, melainkan diberi kesempatan untuk membaca BAP.

Baca Juga: Siap Adukan Penyidik KPK ke Dewas Malam Ini, Pengacara Murka HP Hasto PDIP Disita: Kompol Rosa Ugal-ugalan!

Juru Bicara KPK Budi Prasetyo. ANTARA/Fianda Sjofjan RassatJuru Bicara KPK Budi Prasetyo. ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat

“Oleh karenanya, penyidik meninggalkan ruangan dan kemudian kembali lagi,” ujar Budi.

Curhat Menggil di KPK

Diberitakan sebelumnya, Hasto mengaku sempat ditinggal sendirian hingga kedinginan. Hal itu disampaikan Hasto usai diperiksa selama kurang lebih 4 jam.

Dia mengaku sempat bertatap muka dengan penyidik KPK selama kurang lebih satu setengah jam dalam pemeriksaannya sebagai saksi dalam kasus dugaan suap pergantian antarwaktu (PAW) dengan tersangka Harun Masiku.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menemui awak media usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (10/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menemui awak media usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (10/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Namun di sisa waktu, Hasto mengaku ditinggal oleh penyidik KPK dalam ruangan sendirian. Bahkan, Hasto mengaku kedinginan dalam ruangan tersebut.

Baca Juga: Usai Diperiksa 4 Jam, Hasto PDIP Geram Penyidik KPK Geledah Stafnya dan Sita HP-nya

“Saya di dalam ruangan yang sangat dingin hampir sekitar 4 jam dan bersama penyidik face to face paling kama 1,5 jam sisanya ditinggal kedinginan," kata Hasto.

Penuhi Panggilan

Pagi tadi, Hasto Kristiyanto akhirnya penuhi panggilan KPK terkait kasus Harun Masiku yang kini masih buron. Hasto PDIP didampingi pengacaranya saat tiba di Gedung Merah Putih KPK pada pukul 09.39 WIB. Hasto didampingi sejumlah orang, termasuk pengacara Ronny Talapesy. 

“Seperti yang saya janjikan selaku warga negara taat hukum saya penuhi panggilan dari KPK untuk memberikan keterangan dan saya diundang dalam kapasitas sebagai saksi stas persoalan yang berkaitan Harun Masiku," kata Hasto. 

Ia mengaku bakal memberikan keterangan seterang-terangnya dalam panggilan KPK ini. 

“Saya akan memberikan keterangan yang sebaik-baiknya," katanya.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #curhat #menggigil #bantah #biarkan #hasto #pdip #kedinginan #saat #diperiksa #diminta #penyidik #koreksi

KOMENTAR