Kemenhub Siapkan Pesawat Pengganti Usai Maskapai Garuda yang Angkut Jemaah Haji Putar Balik ke Makassar
Calon jamaah haji asal Indonesia hendak naik ke pesawat untuk ke Tanah Suci. Belakangan, ada usulan dari Ma'ruf Amin untuk memberikan sertifikasi halal bagi biro travel umrah dan haji. (Dipta Wahyu/Jawa Pos)
21:40
15 Mei 2024

Kemenhub Siapkan Pesawat Pengganti Usai Maskapai Garuda yang Angkut Jemaah Haji Putar Balik ke Makassar

  - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan pesawat pengganti berikut izin terbangnya usai maskapai Garuda yang mengangkut jemaah haji asal Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), putar balik ke Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, pada hari ini, Rabu (15/5).   Hal itu disiapkan, usai Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara telah menerima laporan kejadian Emergency Landing pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 1105 tipe Boeing 747-400.   “Informasi awal terjadi kebakaran pada mesin pesawat nomor 4 (Engine fire #4) setelah 10 menit take off. Demi keselamatan penerbangan, Pilot mengambil keputusan untuk melakukan Emergency landing or Return To Base ke Bandara Sultan Hasanuddin, setelah Holding selama 30 menit dan berhasil landing pada pukul 17:07 LT,” ujar Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Humas dan Umum Ditjen Hubud Mokhamad Khusnu dalam keterangan tertulis, Rabu (15/5).   Diketahui, pesawat itu mengangkut kloter 5 Jemaah Haji Embarkasi Makassar sebanyak 450 orang yang dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Prince Mohammad bin Abdulaziz, Madinah pada pukul 21.10 waktu setempat.   Namun, karena kejadian itu, dipastikan seluruh penumpang dalam keadaan selamat, Jemaah calon haji kemudian kembali dipulangkan ke Asrama Haji Makassar.   Adapun saat ini, kata Khusnu, inspektur penerbangan melakukan inspeksi khusus terhadap perbaikan (Maintenance Action) pada mesin pesawat nomor 4.   “Selanjutnya sedang disiapkan pesawat pengganti dan proses ijin terbang. Rencananya akan diterbangkan pada pukul 16.00 UTC atau 22.00 WITA,” pungkasnya.   Sebelumnya, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi kepada seluruh  Jemaah Haji pada penerbangan tersebut dan juga Kementerian Agama RI selaku penyelanggara haji.   “Garuda Indonesia tengah melakukan koordinasi intensif kepada pihak-pihak terkait guna memastikan tindak lanjut  penanganan jamaah untuk dapat kembali melanjutkan perjalanan,” pungkas Irfan.

Editor: Dimas Ryandi

Tag:  #kemenhub #siapkan #pesawat #pengganti #usai #maskapai #garuda #yang #angkut #jemaah #haji #putar #balik #makassar

KOMENTAR