Diduga Mau Mencuri di Rumah Warga, Motor Perempuan di Porong jadi Amukan Massa
Tangkapan layar seorang perempuan yang diduga pencuri di Porong diamuk massa. (Instagram/@kabarnegri)
17:32
3 Mei 2024

Diduga Mau Mencuri di Rumah Warga, Motor Perempuan di Porong jadi Amukan Massa

Kasus dugaan pencurian oleh seorang perempuan viral di media sosial. Lokasi yang terjadi di Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur itu menjadi perhatian mengingat reaksi massa yang berlebihan.

Melansir Instagram @kabarnegri, Jumat (3/5/2024) seorang perempuan berbaju pink yang diduga seorang pelaku pencurian diamankan oleh pihak aparat di salah satu kantor polisi. Terlihat warga ikut mengerubungi aparat yang mencoba mengantisipasi amukan warga.

"Diduga mau mencuri masuk rumah warga melalui dapur dan sudah masuk kamar lalu ketahuan pemilik rumah yang baru pulang dari sawah," tulis caption di dalam video.

Perempuan yang dituding sebagai pencuri sejak awal membawa sepeda motor, bahkan sampai di kantor polisi, perempuan tersebut mendapat bogem mentah dari seorang pria yang sedang menunggu di depan pintu. Warga yang ikut main hakim sendiri memilih membakar motor perempuan tersebut yang belum terbukti melakukan pencurian.

Aksi massa yang dianggap kelewat batas tersebut menjadi sorotan. Bahkan ada yang pro dan kontra terhadap warga dalam memberikan pelajaran.

"Baru aja mau mencuri padahal belum sampai ketahuan ambil barang," sebut salah satu netizen.

"Terus nunggu dia nyuri dulu?" tanya netizen ke netizen pertama.

"Itu pelajaran jangan masuk rumah orang sembarangan," ujar lainnya.

"Kasian kalau ibu-ibu dipukul, kalau cowok enggak peduli ane," kata lainnya.

"Ngenes, belum terbukti udah digituin," kata lainnya.

Kasus dugaan pencurian di Porong, memang beberapa kali kerap ditemui. Bahkan pada 2022 lalu, ada kasus serupa yang dilakukan seorang pria.

Pelaku melancarkan aksinya di sebuah rumah ketika satu keluarga akan menunaikan ibadah salat di masjid terdekat. Anak pemilik rumah yang sudah curiga sejak awal pura-pura berjalan ke masjid namun kembali lagi.

Dugaan anak tersebut benar di mana, pelaku sudah masuk lewat jendela dan diteriaki maling oleh anak pemilik rumah. Pelaku sempat dihajar massa namun berhasil diamankan pihak aparat.

Kesal karena pelaku nekat melakukan pencurian saat warga sembahyang, motor pelaku akhirnya dibakar warga. Bahkan di dalam jok motor pelaku ditemukan sejumlah emas yang diduga hasil pencurian yang berhasil dibawa kabur.

Kasus ini pun menjadi sorotan, pihak berwajib termasuk warga juga diminta lebih waspada dan memilih untuk meningkatkan keamanan wilayah yang sering terjadi tindak pencurian itu.

Editor: Muhammad Ilham Baktora

Tag:  #diduga #mencuri #rumah #warga #motor #perempuan #porong #jadi #amukan #massa

KOMENTAR