Cerita Pemudik Lansia Bingung karena Kehabisan Pulsa di Terminal Pulo Gebang
Suasana di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur (Jaktim), Senin (8/4/2024). [Suara.com/Rakha]
13:32
8 April 2024

Cerita Pemudik Lansia Bingung karena Kehabisan Pulsa di Terminal Pulo Gebang

Usnariah, wanita berumur 60 tahun tampak kebingungan karena pulsa telepon genggamnya habis sewaktu mudik dari Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, pada H-2 Lebaran Idul Fitri 2024.

Dia mengatakan bahwa anaknya sudah mengisikan pulsa pagi tadi. Namun ketika Usnariah coba mengirimkan pesan melalui aplikasi perpesanan WhatsApp ke anaknya, tiba-tiba pesan tidak terikirim.

"Saya bingung, ini gimana caranya. Soalnya tadi pagi anak saya sudah telepon ngirim pulsa," kata Usnariah di Terminal Pulo Gebang, Senin (8/3/2024).

Lekas, Usnariah meminta tolong kepada salah satu penumpang yang sama-sama sedang menunggu kedatangan bus di Terminal Pulo Gebang.

Dia meminta tolong kepada penumpang tersebut untuk mencarikan cara mengecek sisa pulsanya. Benar saja, ternyata pulsanya habis lantaran sang anak hanya mengisikan pulsa tak banyak.

"Tadi dicek, ternyata sudah habis, saya jadi bingung," ujar dia.

Usnariah sendiri akan menuju Pekalongan, Jawa Tengah, lalu lanjut lagi menggunakan kereta ke kampung halamannya. Di Pekalongan, ia sudah janjian akan dijemput oleh sang anak.

"Makanya itu, saya minta tolong ini gimana caranya isi pulsa. Saya kan nggak tahu," jelas dia.

Akhirnya, Usnariah diberitahu untuk mengisi pulsa di sebuah minimarket oleh penumpang yang dimintai tolong. Usnariah pun lega karena kini pulsa ponselnya terisi.

"Sekarang ya udah (isi pulsa), setidaknya saya sampau Pekalongan aman," tutur dia.

Untuk diketahui, Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, masih dipadati penumpang yang hendak pulang ke kampung halamannya pada H-2 Hari Raya Lebaran Idul Fitri 2024.

Pantauan di lokasi, Senin (8/3/2024), tepatnya di area keberangkatan Terminal Pulo Gebang, kebanyakan para pemudik sedang menunggu bus di ruang tunggu.

Sejumlah calon penumpang bus yang akan merayakan Idul Fitri di kampung halamannya sedang menunggu di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Senin (8/4/2024). [Suara.com/Rakha]Sejumlah calon penumpang bus yang akan merayakan Idul Fitri di kampung halamannya sedang menunggu di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Senin (8/4/2024). [Suara.com/Rakha]

Mereka mayoritas membawa tas berukuran besar dan koper. Ada yang menunggu di kursi ruang tunggu dan ada pula yang duduk mengemper di area luar terminal.

Para penumpang di Terminal Pulo Gebang terpantau datang secara berkelompok. Petugas di lokasi juga tampak tersebar memberikan arah bagi para penumpang untuk menunggu sesuai jadwal dan busnya.

Sementara itu, di area pembelian loket saat ini terlihat ramai meski tidak sampai terjadi penumpukan. Area pembelian loket yang ramai didatangi adalah tujuan ke Pulau Sumatera.

Menariknya, di Terminal Pulo Gebang ada sejumlah anak pramuka yang membantu mobilitas para pemudik. Mereka membantu para pemudik untuk menuju area pembelian loket hingga ke titik keberangkatan bus.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #cerita #pemudik #lansia #bingung #karena #kehabisan #pulsa #terminal #pulo #gebang

KOMENTAR