Tak Hanya Indonesia, Airlangga Sebut BLT El Nino Juga Diterapkan Beberapa Negara di Dunia
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat memberikan keterangan dalam sidang sengketa hasil Pilpres 2024 di Gedung MK, Jakarta, Jumat (5/4). (Ridwan)
10:16
5 April 2024

Tak Hanya Indonesia, Airlangga Sebut BLT El Nino Juga Diterapkan Beberapa Negara di Dunia

  - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, bantuan langsung tunai (BLT) el nino tidak hanya disalurkan oleh Pemerintah Indonesia kepada masyarakat. Namun, negara-negara di dunia juga turut menyalurkan BLT el nino kepada masyarakatnya.   "Sejak bulan Desember 2023 berbagai negara termasuk Indonesia mengalami dampak terjadinya elnino. Di mana tempat produksi pangan terutama beras mengalami gangguan, baik yang tidak bisa penanaman dan memundurkan jadwal. Dan membuat pasokan pangan seperti beras yang tentu sangat mengganggu kepada dan berdampak signifikan terhadap masyarakat miskin," kata Airlangga saat memberikan keterangan dalam sidang sengketa hasil Pilpres 2024 di Gedung MK, Jakarta, Jumat (5/4).   Ketua Umum Partai Golkar itu lantas mengungkapkan sejumlah negara yang menyalurkan BLT el nino kepada masyarakatnya. Ia menyebut, Singapura memberikan 800 dollar per orang.  

  "Itu untuk mengatasi kenaikan biaya hidup dengan anggaran sebesar 13 triliun dan ini juga dilakukan di bulan September," ucap Airlangga.   Selain itu, India juga turut memberikan bantuan el nino kepada masyarakatnya. Namun, bantuan yang diberikan pemerintah India bukan berupa BLT, melainkan minyak bagi 800 juta penduduk India, dengan anggaran setara Rp 2.200 triliun.   "Ini juga dilakukan antara bulan September sampai dengan Desember bulan lalu," ungkap Airlangga.   Selain bantuan sosial, lanjut Airlangga, beberap negara seperti Malaysia juga memberikan bantuan keluarga untuk 8,7 juta keluarga atau 25,4 persen penduduk. Bantuan itu dianggaran negeri jiran senilai Rp 25 triliun, pada periode Januari-Desember 2023 dan dilanjutkan pada Januari sampai dengan September 2024.   "Nah bantuan sosial di Indonesia misalnya bantuan pangan, itu diberikan kepada 22 juta atau 7,9 persen dari penduduk, ini lebih rendah dari Malaysia yang 25,6 persen, Singapura 41,7 persen, India 55,6 persen, dan Amerika Serikat 12,1 persen," pungkasnya.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #hanya #indonesia #airlangga #sebut #nino #juga #diterapkan #beberapa #negara #dunia

KOMENTAR