Panglima TNI Lepas Pengiriman 900 Paket Parasut Untuk Bantuan Kemanusiaan ke Palestina
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin acara keberangkatan pengiriman 900 paket bantuan kemanuasian dari pemerintah Indonesia kepada Palestina menggunakan satu unit Pesawat Hercules C-130 J TNI AU di Apron Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur pada Jumat (29/3/2024). 
11:37
29 Maret 2024

Panglima TNI Lepas Pengiriman 900 Paket Parasut Untuk Bantuan Kemanusiaan ke Palestina

- Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin acara keberangkatan pengiriman 900 paket parasut (payung udara orang dan payung udara barang) ke Yordania menggunakan satu unit Pesawat Hercules C-130 J TNI AU di Apron Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Jumat (29/3/2024).

Sebanyak 900 paket parasut tersebut dikirim ke Yordania untuk mengirim bantuan kemanusiaan dari pemerintah Indonesia kepada Palestina.

Agus mengatakan pengiriman sebanyak 900 paket parasut tersebut merupakan permintaan pemerintah Yordania untuk mengirim bantuan kemanusiaan ke Palestina melalui metode airdrop atau penerjunan udara.

Nantinya, pemerintah Yordania lah yang akan mengirimkan bantuan kemanusiaan Indonesia yang saat ini sudah berada di Yordania melalui metode air drop tersebut.

Total sebanyak 26 personel TNI dikerahkan dalam misi kemanusiaan tersebut.

Misi tersebut dipimpin Danwing 1 Lanud Halim Perdanakusumah Kolonel PNB Noto Casnoto dan 15 orang crew pesawat A-1340.

Turut juga 2 orang tim pengamanan dari Kopasgat, 4 personel pendukung (2 Perbekkud, 2 Sathar 72), 2 personel tim dokumentasi (1 puspen TNI, 1 Dispenau), 1 personel Kemhan, dan 1 personel BAIS TNI.

Dalam amanatnya, Agus meminta para personel yang berangkat berdoa dalam setiap langkah agar selalu mendapatkan ridho dan perlindungan Tuhan Yang Maha Esa selama pelaksanaan tugas.

"Tugas kemanusiaan ini merupakan suatu kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah dan negara kepada TNI," kata Agus.

"Untuk itu laksanakan tugas mulia ini dengan penuh rasa tanggung jawab, utamakan faktor keamanan dan melaksanakan semua prosedur dengan teliti, melaksanakan koordinasi melekat dengan semua pihak terkait demi kelancaran visi ini, melaporkan setiap perkembangan situasi sesuai rantai komando," sambung dia.

Misi tersebut rencananya akan dilaksanakan selama 10 hari.

Rute berangkat yang ditempuh yakni Halim-Aceh-Myanmar-India-UEA-Yordania.

Sedangkan rute kembali yang akan ditempuh yakni Yordania-UEA-India-Myanmar-Aceh-Halim.

Dalam apel tersebut hadir pula KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali, dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo.

Hadir juga sejumlah perwakilan dari kementerian dan lembaga terkait.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya telah mengatakan Indonesia menjadi salah satu negara yang diberi kesempatan untuk bisa memberikan bantuan ke rakyat Palestina di Gaza lewat udara karena sulitnya pengiriman bantuan kemanusiaan lewat darat.

Presiden sebelumnya juga telah meninjau langsung simulasi pengiriman bantuan dengan metode airdrop di Pangkalan TNI AU Iswahjudi Magetan pada Jumat (8/3/2024).

Dalam simulasi tersebut, sejumlah pesawat Hercules dan helikopter melakukan demonstrasi melepas heli box dari ketinggian tertentu.

Total bantuan yang berasal dari Indonesia baik dari pemerintah maupun non-pemerintah yang dikirimkan untuk Palestina sudah sebanyak 4.400 ton.

Bantuan terkini yang dikirimkan oleh pemerintah Indonesia bernilai 1 juta USD.

Editor: Adi Suhendi

Tag:  #panglima #lepas #pengiriman #paket #parasut #untuk #bantuan #kemanusiaan #palestina

KOMENTAR