Jokowi Sebut Semua Rakyat Senang Timnas Indonesia Berhasil Kalahkan Vietnam 3-0
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menonton laga Vietnam versus Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F. Presiden nonton bareng sejumlah menteri dan perangkat melekat di hotel tempatnya bermalam di Palu, Sulawesi Tengah, pada Selasa malam, (26/3/2024). 
13:13
27 Maret 2024

Jokowi Sebut Semua Rakyat Senang Timnas Indonesia Berhasil Kalahkan Vietnam 3-0

Timnas Indonesia berhasil menggulung Vietnam dengan skor 3-0 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F pada Selasa malam 26 Maret 2023.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa semua rakyat Indonesia senang melihat hasil dari laga yang digelar di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam tersebut.

"Saya kira semua rakyat senang gimana kita bisa menang di kandang lawan di My Dinh Vietnam dan dengan angka yang telak tanpa terbalas 3-0 yang semalam kita nonton, sangat sangat sangat ramai sekali kata Jokowi di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu (27/3/2024).

Kemenangan tersebut kata Jokowi menunjukkan bahwa sepakbola Indonesia mengalami perbaikan. Selain itu peringkat Indonesia akan mengalami peningkatan secara bertahap.

"Ini menunjukkan bahwa akan ada perbaikan ranking, akan ada step by step, akan ada perbaikan perbaikan terus di Timnas kita baik yang U-20 maupun U-23 semuanya, semuanya akan terus diperbaiki oleh PSSI yang dikomandani pak Erick Thohir," katanya.

Sebelumnya Presiden Jokowi menonton laga Indonesia versus Vietnam Usai meresmikan sejumlah infrastruktur di Sulawesi Tengah. Presiden nonton bareng laga tersebut didampingi oleh sejumlah pejabat.

Usai laga Presiden langsung menelepon Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk memberikan ucapan selamat.

“Selamat ya, sampaikan kepada yang lain,” kata Presiden Jokowi dalam sambungan telpon.

Dalam laga tersebut Indonesia membuka keunggulan pada menit ke-9 lewat gol yang dicetak oleh Jay Idzes. Ia berhasil menanduk bola ke dalam gawang Vietnam memanfaatkan tendangan sudut Thom Haye.

Timnas Indonesia menggandakan keunggulan pada menit ke-23 melalui gol yang dilesakkan oleh Ragnar Oratmangoen. Ia menggiring bola masuk ke kotak penalti Vietnam, sebelum kemudian melepaskan tembakan keras dengan kaki kirinya. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Gol dari Ramadhan Sananta pada menit ke-90+8 melengkapi kemenangan bersejarah timnas Indonesia atas Vietnam. Sananta berhasil menyambar bola muntah dari sundulan Egy Maulana Vikri yang membentur tiang untuk menjebol gawang lawan.

Kemenangan ini merupakan yang pertama timnas Indonesia di kandang Vietnam sejak 20 tahun lalu. Saat itu, skuad Garuda mengalahkan tuan rumah 3-0 pada fase grup Piala Tiger 2004, tepatnya pada 11 Desember 2004.

Editor: Muhammad Zulfikar

Tag:  #jokowi #sebut #semua #rakyat #senang #timnas #indonesia #berhasil #kalahkan #vietnam

KOMENTAR