Kaesang Cerita Diajari Bisnis oleh Jokowi Sejak Kecil, Sempat Jadi Sales Mebel
Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep ketika menemui sejumlah influencer di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (13/1/2024).(KOMPAS.com/Rahel)
20:28
13 Januari 2024

Kaesang Cerita Diajari Bisnis oleh Jokowi Sejak Kecil, Sempat Jadi Sales Mebel

- Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengungkapkan sang ayah, yakni Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai mengenalkannya ke dunia bisnis sejak masih kecil.

Kaesang menceritakan bahwa Jokowi mengajarkannya menjadi sales mebel atau furnitur sejak dirinya duduk di bangku sekolah dasar (SD).

"Sebenarnya bapak saya tuh sudah mengajarkan saya untuk menjadi sales, sales furniture-nya beliau gitu dari saya kelas SD, maaf saya lupa waktu kapan," ujar Kaesang ketika menemui sejumlah influencer di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (13/1/2024).

Anak bungsu Presiden Jokowi bahkan mengungkapkan bahwa dirinya kerap ikut berkeliling ke Eropa bersama Jokowi, yang kala itu masih aktif menjadi pengusaha mebel.

Kaesang juga mengatakan sudah mulai berjualan sejak sekitar usia 10 tahun.

Kemudian, sekitar tahun 2015, Kaesang memulai bisnis kecil yakni usaha drop shipping barang.

"Yang saya lakukan dulu itu 2015, berarti bapak saya sudah jadi presiden, yang saya lakukan dulu adalah drop shipping. Drop shipping dulu cuma ambilin barang orang, saya jual, ambilin barang orang saya jual," katanya.

Di tahun yang sama, dia juga dipercayakan untuk memimpin dan meneruskan perusahaan ayahnya.

Menurut Kaesang, awalnya perusahaan itu ditawarkan kepada dua kakaknya, Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu.

Namun, karena kedua kakaknya menolak, akhirnya dipercayakan kepada Kaesang.

"Alhamdulillah-nya, di 2015 juga saya dikasih tanggung jawab oleh bapak saya untuk memegang perusahaan beliau yang sebenarnya awalnya diberikan oleh Mas Gibran tapi beliau tidak mau. Diberikan ke Mba Ayang (Kahiyang), juga Mba Ayangnya tidak mau," ujarnya

"Allhamdulillah rejeki anak soleh sebagai anak bungsu dapat warisan dari orang tua walaupun bukan perusahaan yang besar, bukan perusahaan yang kecil pula sih sebenarnya," kata Kaesang lagi.

Cerita ini diungkapkan suami Erina Gudono ini ketika menjawab pertanyaan seorang warga bernama Feni dalam pertemuan Kaesang dengan sejumlah influencer di Semarang hari ini.

Feni menanyakan awal mula Kaesang masuk ke dunia bisnis serta kiat-kiat agar bisa konsisten berbisnis.

 

Editor: Rahel Narda Chaterine

Tag:  #kaesang #cerita #diajari #bisnis #oleh #jokowi #sejak #kecil #sempat #jadi #sales #mebel

KOMENTAR