Polisi Selidiki Motif Pelaku Penebar Ancaman Tembak Kepala Anies Via Live TikTok
Pelaku ancaman tembak kepala Anies Baswedan ditangkap di Jember, Jawa Timur. (ist/dok. polisi)
15:00
13 Januari 2024

Polisi Selidiki Motif Pelaku Penebar Ancaman Tembak Kepala Anies Via Live TikTok

Kadiv Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho, mengatakan pihaknya sedang mendalami motif dari AWK (23), seorang pria yang melakukan ancaman menembak kepala Anies Baswedan saat live TikTok.

"Mohon waktu saat ini tim tengah mendalami baik untuk motifnya," kata Sandi saat jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1/2024).

Sandi juga belum bisa menerangkan mengenai sudah berapa kali AWK melakukan perbuatannya. Menurut Sandi, motif dan peran akan terungkap setelah polisi melakukan pemeriksaan dan petunjuk dari barang bukti.

"Tentang adanya motif yang tadi, apakah dia sudah pernah atau mungkin dari dokumen atau mungkin dari alat bukti yang lain nanti bisa menunjukkan ada peran dia yang lainnya," jelas Sandi.

AWK Resmi Ditahan

Untuk diketahui, AWK ditangkap di Jember oleh aparat gabungan Bareskrim dan Polda Jatim. Kekinian, AWK sudah resmi ditahan oleh pihak kepolisian.

Namun, Sandi tidak menyebut secara detail dimana AWK ditahan.

"Sampai dengan saat ini ditahan Tim Gabungan, bareksirm polri dan Polda Jatim untuk mengungkap kasus tersebut dan proses pemeriksaan selanjutnya," ujar Sandi di Mabes Polri, Sabtu.

Sandi mengatakan pihak kepolisian masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap AWK. Hingga kini, AWK belum ditetapkan sebagai tersangka.

"Setelah nanti diperiksa baru nanti akan ada proses berikutnya, gelar perkara pemeriksaan saksi. Itu teknis, nanti penyidik," ucap Sandi.

Tak Terafiliasi dengan Capres Lain

Selain itu, Sandi memastikan pelaku tidak terafiliasi dengan pendukung capres lain dalam Pilpres 2024.

"Sampai dengan saat ini Alhamdulillah tidak ada terkait masalah itu," ungkap Sandi.

Saat diperiksa polisi, AWK mengakui telah mengancam menembak kepala Anies dengan menggunakan akun TikTok @calonistri71600. Ancaman itu disampaikan ketika Anies sedang live TikTok.

"Benar itu akunnya dan apakah dia yang buat cuitan itu beliau juga akui," jelas dia.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #polisi #selidiki #motif #pelaku #penebar #ancaman #tembak #kepala #anies #live #tiktok

KOMENTAR