Detik-detik Musala Jabal Nur di Bendan Ngisor Semarang Diterjang Longsor, Jamaah Tarawih Berhamburan Selamatkan Diri
Kondisi musala Jabal Nur yang tertimpa longsor pada Rabu malam (14/3) di Bendan Ngisor, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang (M. IQBAL AMAR/JAWA POS RADAR SEMARANG)
12:40
14 Maret 2024

Detik-detik Musala Jabal Nur di Bendan Ngisor Semarang Diterjang Longsor, Jamaah Tarawih Berhamburan Selamatkan Diri

 

– Bencana longsor terjadi di wilayah Bendan Ngisor, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang Jebol. Akibatnya, Musala Jabal Nur yang berada di kawasan itu Jebol akibat diterjang longsor Rabu (13/3/2024) malam. 

Longsor terjadi saat para jamaah sedang melaksanakan salat tarawih hingga pertengaha. Kaget akan datangnya longsor, para jamaah pun berhamburan menyelamatkan diri.

:

Pantauan Jawa Pos Radar Semarang di lokasi, musala tersebut di penuhi lumpur setinggi betis kaki.

Tembok untuk jamaah perempuan sepanjang 5 meter jebol dan retak. Material berserakan di area musala hingga ke jalan umum. 

Ketua RT 01 RW 04 Bendan Ngisor, Agus Suwarto mengungkapkan Jalan Stonen Selatan V, Bendan Ngisor, Kecamatan Gajahmungkur itu terjadi sekitar pukul 20.00-21.00 WIB.

Kondisi saat itu ketika para jamaah memperoleh pertengahaan rakaat salat.

"Tidak ada suara gemuruh, seketika itu langsung longsor. Beberapa jamaah yang mengetahui langsung berhamburan," ujarnya dikutip dari Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (14/3).

Ia menjelaskan, hujan yang mengguyur Kota Semarang selama dua hari belakangan membuat tebing setinggi delapan meter itu dialiri air secara terus-menerus. Kondisi tebing yang persis di sebelah utara cukup dekat. Sehingga banyaknya tanah yang longsor membuat tembok jebol karena tak kuat menahan.

Jadi secara bertahap. Jam 08.00 longsor lalu beberapa menit kemudian tembok jebol hingga pukul 09.00," terang Agus.

Usai longsor pun Agus dan warga masih cukup waswas. Sebab longsoran masih berlanjut dan air masih mengalir dari atas tebing

Jika hujan berlanjut bisa dipastikan akan terjadi longsor susulan. "Saat ini belum ada armada yang bisa mengangkut material sedang kita usahakan," pungkasnya. 

 

 

 

 

Editor: Kuswandi

Tag:  #detik #detikmusalajabal #bendan #ngisor #semarang #diterjang #longsor #jamaah #tarawih #berhamburan #selamatkan #diri

KOMENTAR