TNI AD Bangun Markas Tempur Kostrad di Tengah Kawasan Industri Bekasi
Sejumlah warga saat mengunjungi pameran alutsista di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (24/9/2023). (MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS)
16:56
9 Maret 2024

TNI AD Bangun Markas Tempur Kostrad di Tengah Kawasan Industri Bekasi

- TNI AD membangun markas untuk salah satu batalyon Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad). Markas yang dibangun itu untuk Batalyon Intai Tempur (Yontaipur).

Menariknya markas Yontaipur dibangun di tengah kawasan industri Desa Serang Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi.

Dilaporkan Radar Bekasi (Jawa Pos Group), Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letnan Jenderal (Letjen) Muhammad Saleh Mustafa mengatakan, markas Yontaipur Bekasi dibangun atas lahan seluas 3,3 hektare (ha). Di sana terdapat sejumlah fasilitas. Mulai dari fasilitas latihan untuk prajurit kostrad, markas, rumah ibadah, dan perumahan untuk 550 prajurit Yontaipur Kostrad.

Muhammad Saleh Mustafa berharap kehadiran batalyon intai tempur (taipur) Kostrad bisa memberikan dampak yang positif bagi keamanan dan usaha bisnis. "Yang terpenting keamanan bagi masyarakat. Masyarakat bukan hanya aman tapi bisa juga mendapatkan manfaat dari kehadiran satuan taipur ini,” kata Muhammad Saleh Mustafa, Jumat (8/3).

Pangkostrad menyebut, di kawasan Markas Yontaipur juga dibangun sejumlah fasilitas umum yang dapat diakses oleh masyarakat. Mulai dari lapangan sepak bola, lintasan lari, dan sarana olahraga lainnya.

“Anak-anak SMA atau SMP yang ingin masuk tentara nanti kita bina secara fisiknya syukur-syukur olahraga di Bekasi. Kita bisa berkolaborasi yang tadi disampaikan pak Pj (penjabat bupati Bekasi), kita punya agenda ketahanan pangan, air bersih dan stunting sehingga masyakarat yang ada di sekitar pangkalan taipur ini bisa merasakan manfaatnya,” tambahnya.

Sementara itu, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung kehadiran Yontaipur Kostrad. Dia berharap kehadiran satuan elite TNI ADdapat membuat iklim investasi di Kabupaten Bekasi semakin meningkat.

“Kehadiran Batalyon Intai Tempur Kostrad ini menjadi nilai tambah yang luar biasa dan memberikan rasa aman yang lebih baik bagi kawasan industri,” tandasnya.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #bangun #markas #tempur #kostrad #tengah #kawasan #industri #bekasi

KOMENTAR