Polres Jakarta Barat Bantah Ada Polisi yang Lakukan Kekerasan dan Makian Saat Tangkap Asisten Saipul Jamil
Polisi menangkap dua orang warga yang ikut melakukan kekerasan kepada Syaiful Jamil. (Istimewa)
17:24
12 Januari 2024

Polres Jakarta Barat Bantah Ada Polisi yang Lakukan Kekerasan dan Makian Saat Tangkap Asisten Saipul Jamil

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes M Syahduddi menegaskan tak ada anggota polisi yang melakukan kekerasan dan makian dalam penangkapan kasus narkoba yang menjerat asisten Saipul Jamil berinisial S. Hal itu menyusul ditangkapnya dua warga sipil yang melakukan tindak kekerasan yang viral di media sosial tersebut. 

Adapun dua warga sipil yang ditangkap karena melakukan kekerasan dan melontarkan makian saat penangkapan terhadap asisten Saipul Jamil itu adalah pria berinisial RP, 26, dan I, 32.   "Bahwa memang yang melakukan tindakan pemukulan dan intimidasi adalah bukan anggota Polri," ujar Syahduddi kepada wartawan, Jumat (12/1).  

  "Bahwa yang bersangkutan adalah warga masyarakat yang kebetulan melintas di jalan," sambungnya.   Adapun terkait dengan orang yang terekam menggunakan jaket hitam bertuliskan "polisi" yang ada dalam video penangkapan itu, Syahduddi membenarkan bahwa itu adalah anggota polisi Polsek Kalideres yang juga kebetulan lewat.   "Pada saat melintas di TKP, yang bersangkutan melihat ada kegaduhan dan kericuhan," ucapnya.   "Sehingga dengan naluri kepolisiannya, yang bersangkutan turun dan ikut membantu rekannya untuk mengamankan orang-orang yang terlibat dalam perkara tindak peredaran narkoba tersebut," pungkas Syahduddi.  

  Sebelumnya, polisi menangkap dua pelaku kekerasan dalam proses penangkapan asisten Saipul Jamil berinisial S yang terlibat dalam kasus narkoba. Dua pelaku yang merupakan masyarakat sipil itu adalah RP alias Ucok, 26, dan I, 32.    Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes M Syahduddi mengatakan, saat kejadian penangkapan asisten Saipul Jamil, pelaku RP mengenakan jaket dan helm berwarna hitam.    "Peran pada saat peristiwa itu menjambak rambut tersangka penyalahgunaan narkoba atas nama S dan memukul bibir tersangka dengan menggunakan tangan kanan," ujarnya kepada wartawan, Jumat (12/1).

Editor: Banu Adikara

Tag:  #polres #jakarta #barat #bantah #polisi #yang #lakukan #kekerasan #makian #saat #tangkap #asisten #saipul #jamil

KOMENTAR