Kerja Sama Penyediaan Tenaga Perawat, Menaker Ida Fauziyah Minta Pemerintah Jerman Bantu Fasilitasi Pelatihan Bahasa
( Menaker Ida Fauziyah saat bertemu bertemu dengan Direktur Manajemen Internasional Badan Ketenagaker)
20:08
29 Februari 2024

Kerja Sama Penyediaan Tenaga Perawat, Menaker Ida Fauziyah Minta Pemerintah Jerman Bantu Fasilitasi Pelatihan Bahasa

Indonesia dan Jerman sepakat untuk melakukan kerjasama dalam percepatan pengiriman tenaga perawat. Rencananya, pengiriman tenaga perawat dari Indonesia ke Jerman akan melalui program Triple Win. 

"Kami apresiasi antusiasme BA (penyedia penempatan kerja dan pelatihan terkemuka di Jerman) yang terus berminat untuk menerima tenaga perawat dari Indonesia,"  kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah usai bertemu dengan Direktur Manajemen Internasional Badan Ketenagakerjaan Federal / Bundesagentur für Arbeit (BA) dan sejumlah tenaga perawat Indonesia, Steffan Sottung di Berlin, Jerman, Rabu (28/2/2024) malam.

Saat berdialog, Ida mengaku terkesan dengan beberapa tenaga perawat Indonesia seperti Cecep Syamsul Bahri, Ni Made Wahyuningsih, Bibit Nur Ikhsan, Dita Aditya dan Doni Sudrajat yang lancar berkomunikasi bahasa Jerman.

Kepada para tenaga perawat itu, Ida menegaskan akan terus meningkatkan kompetensi bahasa bagi mereka. Ia juga berharap Pemerintah Jerman dapat lebih lagi meningkatkan bantuan pelatihan bahasa Jerman melalui Goethe Institute dan juga lembaga-lembaga Bahasa lainnya.

Selain soal pengiriman tenaga perawat, dalam pertemuan bilateral tersebut, Ida Fauziyah juga memperoleh gambaran Sistem Informasi Pasar Kerja (SIPK) yang terintegrasi dan dimanfaatkan secara penuh oleh pihak industri/swasta. "Saat ini Indonesia dalam tahap pengembangan SIPK dan dalam upaya meningkatkan partisipasi industri untuk memanfaatkannya," pungkasnya.

Sebagai informasi, hingga saat ini program Triple Win telah memasuki pengiriman tenaga perawat Batch ke-5. Sebelumnya, pada 2023, telah diberangkatkan sebanyak 84 tenaga perawat, dan dilanjutkan pada bulan Januari 2024 kembali diberangkatkan sebanyak 27 orang.

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #kerja #sama #penyediaan #tenaga #perawat #menaker #fauziyah #minta #pemerintah #jerman #bantu #fasilitasi #pelatihan #bahasa

KOMENTAR