Puji Prabowo, Gus Yaqut Sebut Pelatihan Kabinet Merah Putih Bukan Upaya Kepemimpinan Militeristik Tapi Menumbuhkan Patriotisme
Eks Menteri Agama RI Yuqut Cholil Qoumas. (Istimewa)
21:48
26 Oktober 2024

Puji Prabowo, Gus Yaqut Sebut Pelatihan Kabinet Merah Putih Bukan Upaya Kepemimpinan Militeristik Tapi Menumbuhkan Patriotisme

Mantan Manteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi cara Presiden Prabowo Subianto yang memberikan pembekalan kepada menteri Kabinet Merah Putih di Lembah Tidar. Menurut dia, pembekalan di Lembah Tidar untuk para menteri merupakan gaya kepemimpinan Prabowo untuk menumbuhkan semangat perjuangan membangun bangsa.

Dia menolak jika cara-cara seperti itu dianggap sebagai upaya kepemimpinan secara militeristik. Sebab, jika melihat sejarah, Lembah Tidar merupakan salah satu awal perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia yang dilakukan Pangeran Diponegoro.

"Kalau ada tuduhan mengarah ke militeristik, saya kira tidak ya. Karena tujuannya menumbuhkan patriotisme," ujarnya di acara Santri Inovation Summit yang berangsung di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu (26/10).

"Ya, (pembekalan) bagus aja kalo menurut saya. Kan sebagaimana disampaikan oleh presiden, ini untuk menumbuhkan spirit kejuangan yang dimulai dari Lembah Tidar, di mana Pangeran Diponegoro memulai perjuangan di sana, dan sejarah panjang kemerdekaan kita dimulai di sana juga," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Gus Yaqut juga mengapresiasi acara Santri Inovation Summit sebagai gagasan luar biasa anak-anak muda. Apalagi ide dasar acara itu adalah memberikan perhatian terhadap perkembangan ekonomi pesantren, seiring dengan kebijakan Kemandirian Pesantren sebelumnya.

"Gagasannya supaya produk pesantren masuk ke pasar-pasar yang menyambut gagasan ketika saya masih menjadi Menteri Agama tentang Kemandirian Pesantren," ujarnya.

Menurut Gus Yaqut, perjalanan Kemandirian Pesantren masih panjang sehingga diharapkan Manteri Agama Kabinet Merah Putih Nasaruddin Umar bisa melanjutkan. "Mudah-mudahan di kepemimpinan Pak Menteri yang baru, Pak Nasaruddin Umar bisa diteruskan karena menurut saya ini sangat penting," pungkasnya.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #puji #prabowo #yaqut #sebut #pelatihan #kabinet #merah #putih #bukan #upaya #kepemimpinan #militeristik #tapi #menumbuhkan #patriotisme

KOMENTAR