Polres Bangkalan Gelar Rekonstruksi Kasus Carok 2 VS 4, Detail Kejadian Perkara Mulai Terungkap
Reka adegan carok 2 VS 4. (Antaranews)
00:40
27 Pebruari 2024

Polres Bangkalan Gelar Rekonstruksi Kasus Carok 2 VS 4, Detail Kejadian Perkara Mulai Terungkap

Polres Bangkalan, Jawa Timur, menggelar rekonstruksi kasus carok 2 VS 4 yang terjadi di Kecamatan Tanjung Bumi dan menyebabkan empat orang tewas.

Dikutip dari ANTARA, Senin (26/2), proses rekonstruksi tersebut dilakukan di Jalan Kiniba Desa Bilaporah, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, Madura, dengan melibatkan dua tersangka, yakni Hasan Busri dan Wardi.

Pihak kepolisian memilih lokasi lain untuk rekonstruksi tersebut dengan tujuan menjaga situasi agar tetap kondusif.

"Kami sengaja memilih tempat lain, untuk menjaga berbagai kemungkinan, karena jika konstruksi ini digelar di lokasi kejadian, khawatir situasi tidak kondusif," katanya, Senin (26/2).

Peristiwa pada 12 Januari 2024 menyebabkan kematian MTJ, MTD, dan NJ, yang merupakan warga Larangan Timur, serta HF, murid MTJ, dari Bumi Anyar. M

ereka tewas karena tindakan dari Hasan Busri (40 tahun) dan Wardi (34 tahun), keduanya berasal dari Bumi Anyar.

Menurut pernyataan pada hari Senin, rekonstruksi melibatkan 38 adegan yang disaksikan oleh jaksa penuntut umum (JPU) dan kuasa hukum tersangka.

"Ada 38 adegan yang diperankan kedua tersangka, disaksikan langsung oleh jaksa penuntut umum (JPU) dan kuasa hukum tersangka," ujar Andi.

Penasehat hukum tersangka, Bahtiar Pradinata, menjelaskan bahwa rekonstruksi tersebut membantu untuk menjelaskan fakta yang sebenarnya.

Dia mengklarifikasi bahwa kliennya hanya berusaha mempertahankan harga diri setelah diserang dengan ditampar dan diancam dengan senjata tajam.

"Tersangka hanya mempertahankan harga dirinya, dia ditampar bahkan ditodong dengan celurit sebelum akhirnya ditantang untuk duel. Baru dia pulang untuk mengambil senjatanya," ucapnya.

Menurutnya, adegan dalam duel menunjukkan bahwa tersangka dikeroyok oleh sekitar enam orang, mengingat di lokasi kejadian, keempat korban didampingi oleh banyak teman mereka.

Bahtiar Pradinata menambahkan bahwa keberadaan banyak orang dari pihak korban, lebih dari 10 orang, di lokasi duel menunjukkan bahwa sekitar 5-6 orang ikut terlibat dalam duel.

Salah satu dari mereka yang ikut berduel bahkan disuruh kabur oleh tersangka agar tidak mengalami nasib yang sama dengan korban lainnya.

"Dari kubu korban ini banyak, lebih dari 10 orang, yang turun di duel 5-6 orang. Bahkan salah seorang dari yang berduel disuruh kabur oleh tersangka, jika tidak mau mati seperti empat kawannya," tutur dia.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #polres #bangkalan #gelar #rekonstruksi #kasus #carok #detail #kejadian #perkara #mulai #terungkap

KOMENTAR