Hari Pertama Retret Menteri di Akmil Magelang: Latihan Baris, Kaget Prabowo Tiba Pertama di Lapangan
Para anggota Kabinet Merah Putih mulai mengikuti kegiatan retreat di Kawasan Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Jumat, (25/10/2024). (istimewa). | Retret Menteri Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang diawali dengan kegiatan latihan baris-berbaris bersama. Para menteri dibangunkan sejak pukul 04.00 WIB untuk latihan baris-berbaris. Setelah tiba di lapangan, mereka pun dikagetkan dengan adanya Presiden Prabowo yang hadir pertama kali di lapangan. 
12:42
25 Oktober 2024

Hari Pertama Retret Menteri di Akmil Magelang: Latihan Baris, Kaget Prabowo Tiba Pertama di Lapangan

- Jajaran Kabinet Merah Putih yang terdiri dari para menteri, wakil menteri (wamen), kepala badan, hingga utusan khusus di bawah kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka tengah mengikuti pembekalan di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah.

Setelah tiba di Akmil Magelang pada Kamis (24/10/2024) kemarin, para menteri memulai kegiatan retret hari pertamanya pada hari ini, Jumat (25/10/2024).

Di hari pertama ini, kegiatan para menteri Kabinet Merah Putih diisi dengan latihan baris-berbaris di Lapangan Sapta Marga.

Para menteri melakukan latihan itu dengan menggunakan seragam loreng atau pakaian lapangan Komponen Cadangan (Komcad).

Menurut Kepala Kantor Komunikasi Presiden Hasan Nasbi, para menteri dan seluruh jajaran Kabinet Merah Putih telah dibangunkan sejak pukul 04.00 WIB di tenda masing-masing.

Selanjutnya pada pukul 05.15 WIB, mereka berkumpul di Lapangan Sapta Marga. 

Namun, ada yang mengejutkan para menteri di Lapangan Sapta Marga ini.

Yakni adanya Presiden Prabowo hadir lebih awal dari para menteri-menterinya.


"Yang mengagetkan adalah ketika para anggota kabinet tiba di lapangan, Presiden Prabowo Subianto ternyata menjadi orang pertama yang hadir."

"Presiden Prabowo memberikan contoh teladan sebagai pemimpin yang disiplin," kata Hasan dilansir Kompas.com, Jumat (25/10/2024).

Para anggota Kabinet Merah Putih mulai mengikuti kegiatan retreat di Kawasan Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024). Para anggota Kabinet Merah Putih mulai mengikuti kegiatan retreat di Kawasan Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024). (Kantor Komunikasi Kepresidenan)

Selanjutnya setelah melakukan latihan baris-berbaris, para menteri lalu sarapan bersama.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi kepada seluruh jajaran menteri di Kabinet Merah Putih.

Ada empat materi yang akan diberikan pada hari ini, di antaranya adalah soal pencegahan korupsi.

Rupa Para Menteri Kabinet Merah Putih Kenakan Loreng Komcad

Para Menteri Kabinet Merah Putih akan mulai mengikuti retreat di Kawasan Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, Jumat, (25/10/2024).

Sebagian Menteri telah mengenakan pakaian loreng, seperti Wakil Menteri Lingkungan Hidup Diaz Hedropriyono. 

Dalam Instagram pribadinya, Diaz menggugah fotonya di kawasan Akmil bersama Wakil Presiden Gibran Rakabuming dan sejumlah anggota Kabinet lainnya.

Di antaranya ada Menko Pangan Zulkifli Hasan, Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi Rosan Roeslani, Menko Infrastruktur dan Pembangunan Wilayah Agus Harimurti Yudhoyono.

Para Menteri Kabinet Merah Putih akan mulai mengikuti retreat di Kawasan Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, Jumat, (25/10/2024). Para Menteri Kabinet Merah Putih akan mulai mengikuti retreat di Kawasan Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, Jumat, (25/10/2024). (Instagram Diaz Hendropriyono)

Pakaian loreng yang digunakan merupakan seragam loreng komponen cadangan (Komcad).

Wamendagri Bima Arya mengatakan bahwa kegiatan pagi yang dilakukan yakni olahraga dan baris berbaris.

“Pagi lanjut olahraga lanjut baris berbaris terus arahan Presiden,” kata Bima Arya.

Sebelumnya retreat diikuti para menteri, Wakil Menteri, Kepala Badan, Utusan Khusus dan Staf Khusus Presiden. 

Mereka  mendapatkan gemblengan berupa materi tentang bernegara dan pemerintahan, termasuk materi penting soal pencegahan korupsi.

Selain mendapatkan berbagai materi tentang pemerintahan, para peserta retret juga memiliki waktu untuk saling mengenal dan mengakrabkan diri.

"Sebab Presiden Prabowo dalam arahannya meminta seluruh anggota kabinet bersatu, membangun sebuah super team yang siap menjalankan pemerintahan," ujar Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi.

(Tribunnews.com/Faryyanida Putwiliani/Taufik Ismail)(Kompas.com/Fika Nurul Ulya)

Baca berita lainnya terkait Kabinet Prabowo Gibran.

Editor: Whiesa Daniswara

Tag:  #hari #pertama #retret #menteri #akmil #magelang #latihan #baris #kaget #prabowo #tiba #pertama #lapangan

KOMENTAR