Jadi Ketua Komisi II DPR RI, Rifqi Akan Kawal Pelaksanaan Pilkada Serentak 2024
DPR RI telah menetapkan Muhammad Rifqinizamy Karsayuda, anggota legislatif dari Partai NasDem sebagai Ketua Komisi II DPR RI untuk periode 2024-2029. 
20:57
22 Oktober 2024

Jadi Ketua Komisi II DPR RI, Rifqi Akan Kawal Pelaksanaan Pilkada Serentak 2024

- DPR RI telah menetapkan Muhammad Rifqinizamy Karsayuda, anggota legislatif dari Partai NasDem sebagai Ketua Komisi II DPR RI untuk periode 2024-2029.

Penetapan tersebut diumumkan pada rapat paripurna ke-5 masa sidang I tahun 2024-2025 yang digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/10/2024). Rifqi akan memimpin komisi yang membidangi pemerintahan dalam negeri, pertanahan, tata ruang, kepegawaian, kepemiluan, dan otorita ibu kota negara Nusantara.

Dalam struktur baru Komisi II DPR, empat kursi Wakil Ketua ditempati oleh tokoh-tokoh dari berbagai partai politik. Aria Bima dari PDI Perjuangan, Dede Yusuf dari Partai Demokrat, Zulfikar Arse Sadikin dari Golkar, dan Bahtera dari Gerindra turut mendampingi Rifqinizamy sebagai bagian dari pimpinan komisi yang memiliki peran strategis ini.

Rifqi menyampaikan komitmennya untuk memastikan pelaksanaan Pilkada serentak yang dijadwalkan pada 27 November 2024 berjalan lancar. Ia menekankan pentingnya peran Komisi II dalam memastikan kesiapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), terutama dalam hal dukungan anggaran, mitigasi kecurangan, dan penyelesaian sengketa pemilu.

“Komisi II akan sangat concern untuk memastikan bahwa penyelenggaraan pemilihan gubernur, Bupati Walikota pada 27 November 2024 itu bisa berjalan dengan baik,” kata Rifqi.

Selain itu, Rifqi menyatakan bahwa Komisi II akan segera bekerja, bahkan tancap gas untuk melaksanakan berbagai macam hal sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

"Minggu depan kita akan memanggil seluruh menteri, wakil menteri, dan pimpinan lembaga negara yang menjadi mitra Komisi II DPR ini untuk satu berkenalan dan yang kedua kami ingin mempertanyakan apa yang menjadi roadmap kementerian di bawah menteri-menteri yang baru ini,"
tegas Rifqi.

Rifqi juga menegaskan tekadnya agar Komisi yang dipimpinnya dapat menghadirkan produk legislasi berkualitas yang relevan bagi kepentingan bangsa. “Komisi II akan bekerja secara proaktif
dan tidak menunggu lama untuk segera menjalankan berbagai agenda penting yang telah direncanakan,” pungkas Rifqi.


Diketahui Dr. Muhammad Rifqinizamy Karsayuda, S.H., M.H., lahir pada 6 November 1982 di Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Politisi dari Partai NasDem ini memiliki latar belakang yang kuat di
bidang hukum tata negara dan infrastruktur. Gelar sarjana hukum diperolehnya dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Terakhir, Rifqi berhasil mendapatkan gelar doktor ilmu hukum dari Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur.

Dengan pengalaman yang luas dan tekad yang kuat, Rifqinizamy diharapkan mampu memimpin Komisi II DPR RI dalam menangani berbagai isu penting, termasuk pemilu dan reformasi di bidang aparatur negara, serta pertanahan yang berdampak pada pembangunan nasional.


KEPSYEN: Muhammad Rifqinizamy Karsayuda(berjas biru dan berkacamata), anggota legislatif dari Partai NasDem sebagai Ketua Komisi II DPR RI untuk periode 2024-2029.

Editor: Malvyandie Haryadi

Tag:  #jadi #ketua #komisi #rifqi #akan #kawal #pelaksanaan #pilkada #serentak #2024

KOMENTAR