Eratkan Hubungan dengan Masyarakat Papua, Satgas Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha Kostrad Bagi-bagi Sembako
Para prajurit TNI yang tergabung dalam Koops TNI Habema berpatroli di Distrik Aifat, Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya. (Koops TNI Habema)
14:40
22 Oktober 2024

Eratkan Hubungan dengan Masyarakat Papua, Satgas Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha Kostrad Bagi-bagi Sembako

 

- Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) Para Raider 501/Bajra Yudha Kostrad melaksanakan operasi pengamanan perbatasan mobile wilayah perbatasan antara Indonesia dengan Papua Nugini. Melalui keterangan resmi yang diterima oleh JawaPos.com pada Selasa (22/10), operasi pengamanan tersebut dilaksanakan sesuai dengan tugas yang diemban oleh Komando Operasi (Koops) TNI Habema.

Komandan Satgas Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha Kostrad Letkol Infanteri Yakhya Wisnu Arianto menyampaikan bahwa pasukannya merupakan satuan TNI yang bertugas di bawah jajaran Koops TNI Habema. Mereka bertugas mengamankan daerah perbatasan di Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya.

Dalam operasi pengamanan perbatasan tersebut, mereka melakukan pengamanan di Kampung Susumuk, Distrik Aifat. Dalam operasi pengamanan itu, Satgas Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha Kostrad menyisipkan kegiatan sosial. Yakni pembagian paket sembako kepada warga dan masyarakat yang mereka temui di sepanjang rute operasi pengamanan.

"Kesempatan tersebut digunakan oleh para Prajurit Satgas Yonif 501 Kostrad untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan para warga guna mengetahui perkembangan situasi setempat," ungkap Letkol Yakha.

Menurut perwira menengah dengan dua kembang di pundak tersebut, warga dan masyarakat Kampung Susumuk tampak bahagia lantaran bisa mendapatkan sembako gratis dari TNI. Dia memastikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap mengedepankan keamanan.

Dia menyebut, pembagian sembako itu menjadi jalan bagi para prajurit tersebut untuk menguatkan hubungan dan komunikasi mereka dengan masyarakat setempat. Antonius Tabuni, salah seorang warga di Kampung Susumuk, mengakui hal itu.

Dia menyampaikan bahwa sembako sangat dibutuhkan oleh warga di kampung tersebut. Karena itu, mereka sangat senang dengan kegiatan yang dilakukan oleh Satgas Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha Kostrad  di sela-sela patroli sembako dibagikan secara cuma-cuma.

"Puji Tuhan, terima kasih Komandan 501 untuk Sembako yang dibagikan gratis. Tuhan memberkati," ungkap dia. 

Sebagai Panglima Koops TNI Habema, Brigjen TNI Lucky Avianto turut mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Satgas Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha Kostrad. Dia menyampaikan bahwa kehadiran TNI di Papua memang harus bisa menjadi solusi bagi masyarakat setempat.

"Inisiatif Satgas Yonif 501 Kostrad membagikan sembako di Kampung Susumuk merupakan bentuk kepedulian TNI untuk memberikan bantuan pelayanan kebutuhan dasar kepada masyarakat," ujarnya.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #eratkan #hubungan #dengan #masyarakat #papua #satgas #yonif #para #raider #501bajra #yudha #kostrad #bagi #bagi #sembako

KOMENTAR