Luhut Tambah Jabatan Lagi, Kini Dilantik jadi Penasihat Khusus Presiden Bersama Wiranto, Dudung, dan Muhadjir Effendy
Presiden Prabowo Subianto resmi melantik tujuh penasihat khusus presiden di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/10). (Istimewa)
11:08
22 Oktober 2024

Luhut Tambah Jabatan Lagi, Kini Dilantik jadi Penasihat Khusus Presiden Bersama Wiranto, Dudung, dan Muhadjir Effendy

      - Presiden Prabowo Subianto resmi melantik tujuh penasihat khusus presiden di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/10). Pelantikan ini bersamaan dengan pelantikan kepala dan wakil kepala badan Kabinet Merah Putih pemerintahan Prabowo-Gibran.  

  Dari tujuh penasihat khusus presiden yang dilantik, ada lagi nama Luhut Binsar Pandjaitan yang kali ini mendapat amanah sebagai Penasihat Khusus Presiden Bidang Digitalisasi dan Teknologi Pemerintahan.   Luhut juga sebelumnya telah dilantik sebagai Ketua Dewan Ekonomi Nasional bersama para menteri Kabinet Merah Putih di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10) kemarin.   Pengangkatan penasihat presiden itu berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 140 P Tahun 2024 tentang Pengangkatan Penasihat Khusus Presiden.    Para penasihat khusus presiden ikut membacakan sumpah jabatan yang dipimpin Presiden Prabowo Subianto.   "Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," demikian petikan sumpah yang dibacakan Prabowo diikuti oleh mereka.   Selain Luhut, terdapat juga Muhadjir Effendy, Dudung Abdurachman, Terawan Agus Putranto, hingga Wiranto yang dilantik jadi penasihat khusus presiden.   Berikut daftar penasihat khusus presiden dan juga bidangnya:   1. Jenderal TNI (Purn) Wiranto sebagai Penasihat Khusus Presiden Bidang Politik dan Keamanan   2. Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Penasihat Khusus Presiden Bidang Digitalisasi dan Teknologi Pemerintahan    3. Jenderal TNI (Purn) Dudung Abdurachman Penasihat Khusus Presiden Bidang Pertahanan Nasional/ Ketua Komite Kebijakan Industri Pertahanan   4. Prof Bambang Soemantri Brodjonegoro sebagai Penasihat Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Pembangunan Nasional   5. Prof Purnomo Yusgiantoro sebagai Penasihat Khusus Presiden Bidang Energi   6. Prof Muhadjir Effendy sebagai Penasihat Khusus Presiden Bidang Haji   7. Letjen TNI Prof Terawan Agus Putranto sebagai Penasihat Khusus Presiden Bidang Kesehatan. (*)

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #luhut #tambah #jabatan #lagi #kini #dilantik #jadi #penasihat #khusus #presiden #bersama #wiranto #dudung #muhadjir #effendy

KOMENTAR