Profil Airlangga Hartarto Eks Ketum Golkar yang Dilantik Jadi Menko Perekonomian di Kabinet Merah Putih Prabowo
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Nurul Fitriana/JawaPos.com)
02:40
22 Oktober 2024

Profil Airlangga Hartarto Eks Ketum Golkar yang Dilantik Jadi Menko Perekonomian di Kabinet Merah Putih Prabowo

Airlangga Hartarto, secara resmi telah dilantik menjadi Menteri Koordinator bidang Perekonomian dalam Kabinet Merah Putih Presiden Prabowo Subianto, pada Senin (21/10). Sebelumnya, eks Ketua Umum Partai Golkar ini menjabat pada posisi menteri yang sama di era Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Joko Widodo.

 

Profil Airlangga Hartarto

Airlangga merupakan pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur, 1 Oktober 1961. Dia menyelesaikan bangku SMA di Kolese Kanisius. Airlangga kemudian meraih gelar sarjana dari Fakultas Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada pada 1987, sebelum melanjutkan studinya di Monash University Australia.

Dia adalah anak dari Ir. Hartarto, yang merupakan salah seorang menteri di era Orde Baru. Ir. Hartarto sendiri pernah menjabat Menteri Perindustrian pada Kabinet Pembangunan IV periode 1983–1988 dan Kabinet Pembangunan V (1988–1993). Serta Menteri Koordinator bidang Produksi dan Distribusi pada Kabinet Pembangunan VI (1993–1998).

Sementara itu, karir politik Airlangga sendiri mulai menanjak sejak dia menjadi Wakil Bendahara DPP Partai Golkar periode 2004–2009, ketika Golkar dipimpin oleh Jusuf Kalla yang saat itu juga menjabat sebagai Wakil Presiden. Bahkan, jabatan itu membuat Airlangga masuk ke dalam jajaran elite Partai Golkar.

Setelah menjabat Ketua Umum Partai Golkar pada 2107, Munas Partai Golkar yang digelar di Jakarta pada 2019 lalu juga mengukuhkan kembali Airlangga sebagai Ketua Umum Partai Golkar dua periode.

Airlangga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar sejak 2017 lalu hingga Agustus 2024. Jabatan itu jugalah yang mengantarkannya menjadi menteri di Kabinet Jokowi. Tak hanya sebagai Ketum Partai, sebelum bergabung di eksekutif, Airlangga pernah menjabat sebagai Ketua Komisi VII DPR RI pada 2006–2009 dan periode 2009-2014.

Airlangga kemudian masuk ke pemerintahan dengan menjadi Menteri Perindustrian pada periode pertama Presiden Jokowi. Sementara pada periode kedua Jokowi, Airlangga didapuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sejak 2019-2024. Kemudian berlanjut di Kabinet Prabowo ini. (*)

 

 

 

 

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #profil #airlangga #hartarto #ketum #golkar #yang #dilantik #jadi #menko #perekonomian #kabinet #merah #putih #prabowo

KOMENTAR