Cerita Lucu Perubahan Nama Mahfud MD Saat di Bangku SMP: Nggak Bagus, Kayak Becak
Menko Polhukam Mahfud MD [Suara.com/Instagram Mahfud MD]
19:00
11 Januari 2024

Cerita Lucu Perubahan Nama Mahfud MD Saat di Bangku SMP: Nggak Bagus, Kayak Becak

Menkopolhukam Mahfud MD resmi maju di Pilpres 2024 sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Ganjar Pranowo.

Diketahui, 'Mahfud MD' bukanlah nama aslinya. Nama asli sosok akademisi sekaligus politisi ini yakni Mohammad Mahfud Mahmodin.

Sementara Kata 'MD' di namanya juga diketahui bukan pemberian dari lahir, melainkan julukan.

"MD itu singkatan dari inisial nama ayah saya," ungkap Mahfud MD dalam perbincangan di kanal YouTube Curhat Bang Denny Sumargo yang dilansir , Kamis (11/1/2024).

Mahfud menceritakan, penggunakaan tambahan MD berawal sejak duduk di bangku SMP.

Saat itu, ada 3 nama siswa yang bernama Mahfud dan membingungkan guru ketika diabsen. Oleh karena itu, guru SMP Mahfud memberikan nama belakang untuk ketiga siswa tersebut.

"Waktu saya sekolah di SMP itu, yang namanya Mahfud itu 3 orang. Dulu zaman saya sekolah itu kan diabsen satu-satu... (Diabsen) Mahfud yang ngacung 3 orang. Akhirnya guru itu (inisiatif) 'Kamu Mahfud A, Mahfud B (saya), Mahfud C'," ujar dia.

"Gak bagus ya kalau A, B, C kayak becak. Pake nama orang tua aja dong. Yang satu namanya Mahfud Musyafa, lalu saya Mahfud Mahmudin, lalu yang ketiga itu Mahfud Hasan Basri. Itu sebenanrya hanya untuk panggilan absen saja, untuk presensi kalau datang. Jam pertama itu kan biasanya (diabsen)," jelasnya.

Namun, calon wakil Presiden nomor urut 3 tersebut merasa nama Mahfud Mahmudin kurang bagus. Ia pun berinisiatif untuk menyingkat 'Mahmudin' menjadi 'MD'.

"Pak guru kok kurang keren ya Mahfud Mahmudin? Coba disingkat Mahmud MD. Sejak saat itu disingkat Mahfud MD. Sesudah saya keluar dari sekolah itu, gak pernah dicoret itu nama sampai seluruh ijAzah saya sampai SMP SK Keppres segala macem, tetep aja," tandasnya.

Jawaban Mahfud MD tersebut sekaligus menjawab rasa ingin tahu warganet yang sempat kebingungan dengan kepanjangan singkatan MD.

Mahfud MD resmi jadi cawapres Ganjar usai Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri merilis pengumuman di Kantor DPP PDIP, Jalan Pangeran Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

"Dengan mengucapkan bismillahirahmanirahim maka cawapres yang dipilih oleh PDIP yang akan mendampingi bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak Profesor Doktor Mahfud MD," kata Megawati.

Editor: Ronald Seger Prabowo

Tag:  #cerita #lucu #perubahan #nama #mahfud #saat #bangku #nggak #bagus #kayak #becak

KOMENTAR