Alasan Megawati Tak Hadir di Pelantikan Prabowo-Gibran, PDIP Tegaskan Hubungan Masih Baik
Prabowo Subianto dan Megawati Soekarnoputri 
14:02
20 Oktober 2024

Alasan Megawati Tak Hadir di Pelantikan Prabowo-Gibran, PDIP Tegaskan Hubungan Masih Baik

- Presiden kelima RI sekaligus Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, tak terlihat hadir dalam pelantikan Prabowon Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden, Minggu (20/10/2024). 

Terkait hal itu, Megawati menyampaikan permintaan maaf yang disampaikan melalui Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah.

“Ibu Mega telah menugaskan saya secara khusus pada 17 Oktober kemarin untuk menyampaikan pesan dan amanat beliau kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto, melalui Ketua MPR yang juga Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani,” ujar Basarah saat hadir di acara pelantikan, Minggu.

Dalam kesempatan itu, Basarah mengungkapkan alasan Megawati tak terlihat hadir dalam acara penting ini.

“Ibu Megawati meminta kepada saya untuk menyampaikan permohonan maaf kepada Prabowo karena pada hari ini Ibu Megawati dengan sangat terpaksa tidak dapat menghadiri pelantikan beliau sebagai Presiden RI karena memang kondisi kesehatan beliau setelah pulang dari lawatan napak tilas Bung Karno ke St Petersburg, Rusia dan Uzbekistan,” jelas Basarah. 

Basarah mengatakan Megawati mengalami batuk akibat terpapar debu saat melakukan napak tilas, terutama ketika berziarah ke makam Imam Bukhari di Uzbekistan. 

Megawati khawatir kondisinya akan mengganggu prosesi pelantikan presiden dan wakil presiden yang harus berlangsung khidmat.

“Ibu Mega tidak ingin prosesi pelantikan presiden yang berlangsung begitu khidmat bagi bangsa Indonesia, terganggu apabila beliau hadir di dalam ruangan itu kemudian batuk dan flu dan sebagainya,” ungkap Basarah.


Karena sebelumnya, saat menghadiri sidang promosi doktor Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, di Universitas Indonesia pada Jumat (18/10/2024), Megawati mengenakan masker.

“Sehingga batuknya sampai dengan sekarang masih belum sembuh."

"Kemarin saja saat saya mendampingi beliau hadir di sidang doktor terbuka Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, beliau menggunakan masker dan beberapa kali batuk di acara tersebut,” ujar Basarah.

Oleh karena itu, meski tak dapat hadir di acara pelantikan Presiden terpilih, Megawati menitipkan beberapa pesan untuk Prabowo.

Pesan pertama yang dititipkan Megawati adalah menyampaikan ucapan selamat atas ulang tahun Prabowo.

"Ibu Megawati menitipkan salam dan menyampaikan ucapan selamat ulang tahun pada Prabowo di tanggal 17 Oktober kemarin," ujar Basarah.

Melalui Basarah, Megawati juga mengirimkan bunga sebagai ucapan selamat ulang tahun.

Pesan kedua, Megawati menyampaikan permohonan maaf lantaran tak bisa menghadiri pelantikan Prabowo karena alasan kesehatan.

Basarah menegaskan, absennya Megawati dalam pelantikan Prabowo bukan karena Ketum PDIP itu tidak menghormati Presiden terpilih dalam Pilpres 2024.

Sebagai gantinya, Megawati telah memerintahkan seluruh anggota DPR PDIP untuk menghadiri pelantikan Prabowo.

Pesan selanjutnya, Basarah menyebut Megawati juga berpesan agar Prabowo fokus pada prosesi pelantikan.

Pesan yang keempat, Megawati meminta Prabowo untuk memikirkan tugas dan tanggung jawabnya sebagai presiden dalam menghadapi berbagai persoalan.

"Terutama masalah luar negeri, konflik Rusia, masalah Israel dengan negara-negara di Jazirah Arab, konflik laut Cina Selatan, perang dagang Tiongkok dengan Amerika, pemanasan global, dan lain-lain," jelas Basarah.

Basarah menuturkan, hubungan Megawati dan Ketua Umum Partai Gerindra itu sangat baik.

Sehingga, Megawati akan mengagendakan untuk bertemu Prabowo setelah pelantikan presiden.

"Saya ulangi, hubungan baik Pak Prabowo dengan Ibu Megawati diyakini Ibu Mega akan menjadi jembatan silaturahmi dan hubungan baik efektif antara Prabowo sebagai Presiden Republik Indonesia dan Ibu Mega, baik sebagai sahabat, tokoh bangsa, dan ketua umum PDIP."

"Pada pertemuan itu tentu tidak lagi berbicara hal-hal yang bersifat pragmatis, tentang kursi menteri, jabatan menteri, siapa menterinya, dan lain-lain," ungkap Basarah.

(Tribunnews.com/Galuh Widya Wardani/Fersianus Waku)(Kompas.com)

Editor: Pravitri Retno W

Tag:  #alasan #megawati #hadir #pelantikan #prabowo #gibran #pdip #tegaskan #hubungan #masih #baik

KOMENTAR