Tinggalkan Istana, Jokowi Disiapkan Alphard Pelat AD 1 JKW dan Tetap Dapat Pengawalan Paspampres 
Mobil Alphard dengan pelat AD 1 JKW disiapkan untuk digunakan Presiden Joko Widodo saat meninggalkan Istana. 
07:32
20 Oktober 2024

Tinggalkan Istana, Jokowi Disiapkan Alphard Pelat AD 1 JKW dan Tetap Dapat Pengawalan Paspampres 

Selain sibuk mempersiapkan pelantikan bagi Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Istana juga menyiapkan kebutuhan jelang purnatugas Presiden Jokowi pada Minggu (20/10/2024) hari ini. 

Sejumlah persiapan dilakukan pihak istana, di antaranya menyiapkan mobil Alphard dengan pelat AD 1 JKW.

Mobil ini bakal digunakan Presiden Joko Widodo saat meninggalkan Istana.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menyebut, mobil Alphard itu hanyalah satu di antara opsi yang disiapkan untuk Jokowi.

"Iya (Alphard AD 1 JKW) untuk rencana Pak Presiden. Iya (untuk pulang lewat darat), sebelum apakah beliau lewat darat ataupun ke bandara kan perlu kendaraan juga mengantarkan ke sana," katanya di Gedung Kementerian Sekretariat Negara Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2024).

Menurut dia ada beberapa kendaraan yang disiapkan untuk mengatarkan Jokowi pulang dari Istana.

Meski begitu ia tidak menjelaskan kendaraan apa saja yang dimasksud.

Selain itu, pihak istana menurutnya juga menyiapkan opsi apabila Jokowi memilih pulang ke Solo menggunakan pesawat komersial.


"Intinya Kementerian Sekretariat Negara menyiapkan berbagai skenario, ya. Apakah beliau akan berkenan melalui darat atau melalui udara, pesawat komersilnya seperti apa, nati akan di-update kepada teman-teman," jelasnya.

Disisi lain, ia memastikan bahwa Jokowi dan Iriana akan tetap dikawal oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) setelah purnatugas.

"Setiap mantan kepala negara atau wakil kepala pemerintahan yaitu Presiden dan mantan presiden itu memiliki aturan dalam pengawalan, dan itu sudah disiapkan," pungkasnya.

 

Sambut Kepulangan Jokowi ke Solo, Siswa Diwajibkan Pakai Seragam Olahraga dan Bawa Bendera Merah Putih

Ribuan siswa dari jenjang sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kota Solo akan ikut menyambut kepulangan Presiden RI ke-7 Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi pada Minggu (20/10/2024) sore.

Siswa-siswi tersebut merupakan murid dari kelas 1 hingga 3 di 29 sekolah baik negeri maupun swasta yang ada di Kota Solo.

Dalam menyambut kepulangan Jokowi dan Iriana Jokowi ke Solo, ada dua hal yang diwajibkan untuk siswa sekolah-sekolah tersebut antara lain menggunakan seragam olahraga sekolah masing-masing dan membawa bendera merah putih kecil.

Bendera tersebut nantinya akan dikibarkan ketika rombongan mobil yang ditumpangi Jokowi dan Iriana melintas menuju ke rumah kediamannya di Jalan Kutai Utara I, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo.

Hal itu diungkap satu siswa SMKN 6 Solo, Putri KS yang mengatakan bahwa dirinya mendapat pemberitahuan itu dari sekolahnya pada hari Jumat (18/10/2024) kemarin.

"Iya, dapat pemberitahuan dari sekolah kemarin untuk ikut menyambut kepulangan Bapak Presiden Jokowi di hari Minggu," ujarnya saat dikonfirmasi TribunSolo.com, Sabtu (19/10/2024).

Selain diwajibkan mengenakan seragam olahraga sekolah masing-masing, siswa penyambutan Jokowi dan Iriana juga diwajibkan untuk telah sampai di lokasi penyambutan sesuai arahan sekitar pukul 15.00 WIB atau satu jam sebelum pesawat yang ditumpangi Presiden RI ke-7 itu mendarat di Bandara Adi Soemarmo Kabupaten Boyolali.

"Diminta sudah sampai di lokasi pukul 15.00 WIB," lanjutnya.

Namun demikian, Putri mengaku belum mengetahui terkait bendera merah putih apakah akan diberi oleh pihak sekolah ataupun dibawa oleh siswa sendiri-sendiri dari rumah.

"Kalau bendera masih belum tahu dikasih atau bawa sendiri, tapi buat jaga-jaga besok bawa sendiri dari rumah," pungkasnya.

Sementara itu dari surat edaran dengan kop Kantor Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan wilayah VII menerangkan bahwa selain siswa siswi sekolah, murid-murid juga akan didampingi oleh Kepala Sekolah maupun guru pendamping yang juga ikut menyertai kegiatan pada Minggu sore. (tribun network/thf/TribunSolo.com)

Tag:  #tinggalkan #istana #jokowi #disiapkan #alphard #pelat #tetap #dapat #pengawalan #paspampres

KOMENTAR