Jelang Pelantikan Presiden dan Wapres, Personel TNI-Polri Siaga Tujuh Hari
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memimpin Apel Kesiapan jelang pelantikan presiden dan wakil presiden di Lapangan Silang Monas. (Puspen TNI)
09:16
19 Oktober 2024

Jelang Pelantikan Presiden dan Wapres, Personel TNI-Polri Siaga Tujuh Hari

– Sebanyak 24.200 prajurit disiapkan dalam apel pengamanan persiapan pelantikan presiden dan wakil presiden 2024–2029 di Lapangan Monas kemarin (18/10). Ribuan prajurit itu disiagakan dalam pengamanan selama tujuh hari penuh. Terutama di Jakarta, tempat Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dilantik besok (20/10).

Apel tersebut dipimpin Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Keduanya berkeliling memutari pasukan bersiap di Monas kemarin pukul 08.00 WIB. Pasukan itu disiagakan sejak 17 hingga 23 Oktober.

"Mitigasi terus dilakukan sebelum, saat pelaksanaan, dan setelah kegiatan pelantikan. Kami akan berkoordinasi dengan Polri dan intelijen untuk pengamanan ini," ucap Agus. Secara keseluruhan, untuk mendukung kelancaran pelantikan, TNI menyiapkan pasukan sebanyak 100 ribu prajurit.

Khusus di Jakarta, pengamanan akan diperketat. Wilayah ring 1 akan ditangani Paspampres lengkap dengan sniper dan antidrone. Sementara itu, ring 2 dan 3 akan ditangani bersama antara TNI dan Polri.

Agus juga memastikan Satuan Siber TNI bergerak untuk melakukan pemantauan. Terutama untuk antisipasi potensi ancaman menjelang pelantikan. "Kami akan berkoordinasi dengan Polri bersama kementerian," terangnya.

Sementara itu, Kapolri menyatakan akan menyiagakan 15 ribu personel kepolisian di Jakarta. Polri akan membagi delapan satgas untuk pengamanan pelantikan presiden ini. "Akan disiapkan di titik-titik masing-masing," kata Sigit. (elo/c19/bay)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #jelang #pelantikan #presiden #wapres #personel #polri #siaga #tujuh #hari

KOMENTAR