Latihan Pembentukan Tuntas, Pasukan Taipur Kostrad Siap Laksanakan Berbagai Tugas Operasi
Panglima Kostrad Letjen TNI Mohamad Hasan saat menutup Latihan Pembentukan Pasukan Taipur Kostrad dan menyematkan brevet kehormatan Taipur Kostrad kepada sebelas perwira tinggi. (Kostrad)
13:48
16 Oktober 2024

Latihan Pembentukan Tuntas, Pasukan Taipur Kostrad Siap Laksanakan Berbagai Tugas Operasi

Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Letjen TNI Mohamad Hasan telah menutup Latihan Pembentukan pasukan Pengintai Tempur (Taipur) X Kostrad Tahun Anggaran 2024.

Berdasar keterangan resmi yang diterima oleh JawaPos.com pada Rabu (16/10), penutupan latihan yang dibarengi dengan pemberian brevet kehormatan Taipur kepada sebelas perwira tinggi itu berlangsung pada Selasa (15/10). 

Melalui sambutannya, Letjen Hasan menekankan pentingnya kesiapan pasukan dan prajurit Taipur Kostrad sebagai garda depan dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). ”Sebagai Bhayangkari Negara, prajurit Taipur harus siap menghadapi tantangan di medan operasi yang bervariasi, baik di rawa, laut, hutan, gunung, maupun perkotaan,” pesan jenderal bintang tiga Angkatan Darat tersebut. 

Karena itu, pasukan Taipur Kostrad disiapkan untuk melaksanakan berbagai tugas. Termasuk tugas berat seperti operasi melawan gerilya, pertempuran jarak dekat, dan tugas intelijen tempur. Para prajurit Taipur yang menyudahi latihan pekan ini sudah melalui proses panjang. Melakoni latihan intensif yang realistis dan penuh tantangan. Mereka ditempa selama 29 minggu. Tidak heran bila panglima Kostrad menaruh harapan besar terhadap para prajurit tersebut. 

”Prajurit Taipur merupakan kebanggaan Kostrad, dan harus selalu siap kapanpun dan dimanapun ditugaskan untuk menjaga kehormatan Kostrad dengan meraih keberhasilan dalam setiap penugasan,” tegasnya. 

Kepada sebelas perwira tinggi yang menerima brevet kehormatan Taipur Kostrad, Letjen Hasan mengucapkan selamat. Mereka diharapkan bisa terus berkiprah untuk memperkuat semangat kebersamaan, jiwa korsa, dan soliditas di antara prajurit Taipur Kostrad. Dia juga mengingatkan agar mereka terus nilai-nilai luhur yang telah dibangun oleh para pendahulu, sehingga dapat terjaga dan diwariskan ke generasi berikutnya.

Sebelas perwira tinggi yang menerima brevet kehormatan Taipur Kostrad terdiri atas Brigjen TNI Hamim Tohari, Brigjen TNI Maychel Asmi, Brigjen TNI Andre Julian, Brigjen TNI Esy Suharto, Brigjen TNI Purmanto, Brigjen TNI Subagiyo, Brigjen TNI Indra Heri, Brigjen TNI Wulang Nur, Brigjen TNI Dedi Prihatmojo, Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan, dan Laksamana Pertama TNI Baroyo Eko Basuki. Brevet kehormatan Taipur Kostrad menandai bergabungnya mereka ke dalam Keluarga Besar Taipur Kostrad. 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #latihan #pembentukan #tuntas #pasukan #taipur #kostrad #siap #laksanakan #berbagai #tugas #operasi

KOMENTAR