Kondisi Warga yang Diamankan Diduga Dianiaya Aparat Karena Bentangkan Spanduk saat Kunjungan Jokowi
Penampakan warga yang membentangkan spanduk saat kunjungan Presiden Jokowi di Gunungkidul, Selasa (30/1/2024). Ketua DPC PDIP Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih mengungkap kondisi warga yang diamankan karena bentangkan spanduk saat kunjungan Jokowi. 
11:55
31 Januari 2024

Kondisi Warga yang Diamankan Diduga Dianiaya Aparat Karena Bentangkan Spanduk saat Kunjungan Jokowi

Viral di media sosial video memperlihatkan insiden warga diamankan saat kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Gunungkidul pada Selasa (30/1/2024).

Dalam video yang berlokasi di Pasar Wonosari itu, terlihat masyarakat berkerumun menyambut kedatangan Presiden Jokowi.

Di antara kerumunan masyarakat tersebut, terlihat seorang warga membentangkan spanduk bertuliskan 'Selamat Datang Pak Jokowi Kami Sudah Pintar, Kami Memilih Ganjar'.

Dalam spanduk itu juga terdapat gambar Ganjar Pranowo, yang saat ini menjadi Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 yang diusung PDI Perjuangan.

Warga yang membentangkan spanduk itupun langsung diamankan berikut dengan spanduk yang dibawanya.

Kondisi Warga yang Diamankan 

Ketua DPC PDI Perjuangan Gunungkidul sekaligus Ketua DPRD Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih, ikut turun tangan. Dia mengungkap kondisi warga yang diamankan.

Saat dihubungi, Endah mengatakan kronologi awal dia diberitahu bahwa ada warga yang diamankan dan dianiaya aparat ketika hendak menyampaikan aspirasi kepada Presiden Jokowi.

"Tadi saya ditelepon bahwa ada salah satu masyarakat menyampaikan aspirasi kepada Jokowi ditangkap aparat, kemudian dianiaya. Mendengar informasi itu saya langsung ke lokasi," ujarnya, Senin (30/1/2024).

Setelah di lokasi, Endah mendapatkan informasi bahwa aparat menyebutkan warga ini diamankan karena dianggap mengancam keamanan presiden. 

"Selaku ketua DPRD kami menyesalkan tindakan aparat yang arogan. Ada dua aparat itu. Padahal, warga kami itu hanya menyampaikan aspirasinya. Kami tanya dimana unsur mengancamnya, justru yang bersangkutan jauh dari objek. Yang kami tangkap presiden dan jajarannya tidak demokratis. Apa yang ditakutkan dari seorang presiden terhadap sebuah spanduk. Yang spanduk itu tidak berisi ancaman kepada keselamatan bangsa dan negara maupun kepada beliau,"ujarnya.

Dia menerangkan, penganiayaan yang didapatkan warga yang bersangkutan membuatnya harus dibawa ke rumah sakit.

"Dia mendapatkan pemukulan, upper cut dagunya, jakunnya luka, hidungnya dipukul dan luka. Langsung bawa ke rumah sakit,"kata dia.

Hanya Warga Biasa

Dia berujar, bahwa warga yang menyampaikan aspirasi tersebut hanyalah warga biasa.

Bukan termasuk kader partai maupun anggota partai.

"Dia bukan kader atau anggota partai manapun. Bahkan kami cek juga yang bersangkutan tidak ber-KTA PDIP,"tuturnya.

Melihat kejadian ini, dirinya selaku Ketua DPC PDI Perjuangan Gunungkidul sangat mengutuk keras tindakan aparat pengamanan presiden tersebut.

Menurutnya, Presiden Jokowi sebagai seorang pemimpin dan seorang yang berbudaya Jawa harusnya tidak lupa kacang akan kulitnya.

"Saya menyayangkan dan mengutuk keras sikap Jokowi. Saya kecewa dan malu, Pak Jokowi lupa akan kulitnya, tidak bisa membedakan mana ini aspirasi, mana ini lawan,"urainya.

 Terpisah, Kapolres Gunungkidul AKBP Edy Bagus Sumantri saat dikonfirmasi terkait insiden tersebut mengatakan bahwa yang mengamankan warga yang dimaksud bukan bagian dari Polres Gunungkidul.

"Yang mengamankan bukan  dari Polres (Gunungkidul),"tegasnya.

Penampakan warga yang membentangkan spanduk saat kunjungan Presiden Jokowi di Gunungkidul, Selasa (30/1/2024) Penampakan warga yang membentangkan spanduk saat kunjungan Presiden Jokowi di Gunungkidul, Selasa (30/1/2024) (tangkapan layar video amatir warga)

Paspampres Bantah Lakukan Kekerasan ke Warga yang Bentangkan Spanduk di Yogyakarta

Pihak Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) membantah telah melakukan kekerasan kepada warga yang membentangkan spanduk dalam kunjungan kerja Presiden Jokowi di Yogyakarta, Selasa, 30 Januari 2023.

"Terkait kejadian adanya tindakan kekerasan dengan cara mendorong warga yang membentangkan spanduk pada saat kegiatan kunjungan kerja Presiden RI Bapak Joko Widodo ke daerah Wonosari pada hari Selasa tanggal 30 Januari 2023 yang dilakukan oleh anggota Paspampres adalah tidak benar," kata Asintel Paspampres, Kolonel Herman Taryaman, Rabu, (31/1/2024).

Dalam video yang beredar kata dia, orang yang mendorong dan merebut spanduk dari warga memakai pakaian sipil biasa. Sedangkan Paspampres mengenakan pakaian taktikal warna biru serta pakaian dinas TNI.

"Apabila kita lihat dalam Video yang beredar, bahwa yang mendorong warga yang membentangkan spanduk menggunakan baju sipil biasa, sedangkan Paspampres sudah jelas terlihat menggunakan seragam resmi berupa baju tactical yang saat itu menggunakan baju tactical warna biru dan seragam dinas TNI dari pengawalan bermotor," katanya.

Menurut Herman, Paspampres hanya melakukan pengamanan terhadap Presiden Jokowi. Hal itu sesuai dengan tugas Paspampres yang diatur oleh Undang-undang.

"Sesuai tugas dan fungsinya yang telah diatur dalam undang - undang no 34 tahun 2004 tentang pengamanan VVIP adalah melakukan tugas dengan cara pengamanan fisk jarak dekat terhadap VVIP," pungkasnya.

Asintel Paspampres, Kolonel Herman Taryaman Asintel Paspampres, Kolonel Herman Taryaman (ist)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Paspampres Bantah Lakukan Kekerasan ke Warga yang Bentangkan Spanduk di Yogyakarta ,

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul VIRAL Warga Bawa Spanduk Diamankan Saat Kunjungan Jokowi di Gunungkidul, Ini Kata Ketua DPC PDIP

Editor: Theresia Felisiani

Tag:  #kondisi #warga #yang #diamankan #diduga #dianiaya #aparat #karena #bentangkan #spanduk #saat #kunjungan #jokowi

KOMENTAR