Lulus dengan Predikat Cum Laude di Sidang Terbuka Unair, AHY Dedikasikan Gelar Doktor untuk Ibunda
HASIL KERJA KERAS: AHY didampingi Susilp Bambang Yudhoyono, Prof Badri Munir Sukoso (kiri), Annisa Pohan (tiga dari kanan), Prof Mohammad Nasih (dua dari kanan), dan Prof Mohammad Nuh. (ROBERTUS RISKY/JAWA POS)
14:48
8 Oktober 2024

Lulus dengan Predikat Cum Laude di Sidang Terbuka Unair, AHY Dedikasikan Gelar Doktor untuk Ibunda

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berhasil meraih gelar doktor di Universitas Airlangga (Unair) kemarin (7/10).

Ketua umum Partai Demokrat itu menyelesaikan studi doktoral Program Studi Pengembangan Sumber Daya Manusia Sekolah Pascasarjana Unair dengan predikat cum laude.

AHY didampingi langsung oleh ayahnya yang juga Presiden Ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ada juga istri AHY, Annisa Pohan, serta adiknya, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas).

Dalam sidang terbuka yang dipimpin langsung oleh Rektor Unair Prof Mohammad Nasih itu, AHY mengangkat tema disertasi Kepemimpinan Transformasional dan Orkestrasi Sumber Daya Manusia (SDM) Menuju Indonesia Emas 2024. AHY tampil dengan sempurna hingga membuat para dewan penyanggah memberikan predikat cum laude.

AHY sangat bersyukur karena bisa menuntaskan studi doktoralnya dengan baik. Gelar akademik tersebut didedikasikan untuk almarhumah ibunya, Ani Yudhoyono. ’’Ibu berharap saya yang tidak bisa menuntaskan karier dan pangkat di militer tetap bisa mempunyai sesuatu yang bisa diberikan kepada masyarakat melalui pengabdian,” katanya.

Laki-laki 46 tahun itu berharap penelitian disertasinya dapat dikontribusikan untuk pengambilan kebijakan ke depan. Agar ekonomi Indonesia tumbuh lebih maju dan sejahtera. Namun, hal itu perlu ada upaya perbaikan agar kapasitas SDM Indonesia semakin baik. ’’Sehingga bonus demografi tidak sia-sia begitu saja,” ucapnya.

AHY berhasil menyelesaikan gelar doktor dalam kurun waktu tiga tahun. Selama ini dia menjalani kuliah secara virtual maupun langsung di kampus. Setelah menjalani ujian tertutup, butuh persiapan kurang lebih satu minggu untuk sidang doktor terbuka di Garuda Mukti Lantai 5 Gedung Rektorat Unair kemarin.

’’Saya berusaha tampil sebaik mungkin dan menjawab semua pertanyaan dewan-dewan penyanggah, profesor, dan lainnya,” pungkasnya. (ayu/c17/oni)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #lulus #dengan #predikat #laude #sidang #terbuka #unair #dedikasikan #gelar #doktor #untuk #ibunda

KOMENTAR