Mahfud MD Singgung 'Pertanyaan Orang Bodoh', Hotman Paris Bayangkan Perasaan Jokowi: Anda Tentu Tahu Siapa yang Dimaksud
Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD
16:20
25 Januari 2024

Mahfud MD Singgung 'Pertanyaan Orang Bodoh', Hotman Paris Bayangkan Perasaan Jokowi: Anda Tentu Tahu Siapa yang Dimaksud

Viral video Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD menyinggung soal cara bertanya yang baik. Hal itu disampaikan Mahfud MD saat hadir dalam kegiatan Tabrak Mahfud. Mahfud menekankan pada masyarakat untuk dapat bertanya secara cerdas.

Sebagai informasi, kegiatan Tabrak Mahfud merupakan inisiatif Mahfud MD untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat, yang diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan apa pun.

Namun begitu, dalam video yang beredar tersebut, Mahfud MD menekankan kepada masyarakat yang hadir untuk bertanya dengan masuk akal.

"Tapi gini ya, rambu-rambu pertanyaannya. Pertanyaannya yang masuk akal. Jangan seperti orang bodoh," kata Mahfud MD kepada masyarakat yang hadir dalam acara tersebut.

Menurutnya, dalam tradisi Nahdlatul Ulama (NU), ada pesan dari Imam Syafi'i yang menyatakan bahwa berdiskusi dengan orang pandai selalu memuaskan, tetapi berdiskusi dengan orang bodoh adalah hal yang sulit.

"Maka di kalangan NU itu ada dalil, Tarkul Jawab 'Ala al-Jahil Jawabun. Tidak menjawab pertanyaan orang bodoh itu jawaban yang paling baik," kata Mahfud disambut riuh para hadirin.

Video Mahfud MD yang menyinggung soal tidak menjawab pertanyaan orang bodoh dalam acara Tabrak Mahfud itu pun mendapatkan tanggapan dari pengacara Hotman Paris Hutapea.

Melalui akun instagram pribadinya, Hotman Paris bertanya mengenai perasaan Presiden RI mendengar kalimat tersebut diucapkan oleh Menteri yang masih menjadi bagian dari Kabinetnya.

"Bagaimana perasaan Presiden RI mendengar kalimat ini di ucapkan oleh Menteri yg masih bagian dari Kabinetnya?? Anda tentu tau siapa yg dimaksud orang bodoh??,"

Sebelumnya, dalam debat cawapres kedua Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center, terdapat sebuah momen Mahfud MD enggan menjawab pertanyaan Gibran Rakabuming Raka mengenai cara mengatasi greenflation. Mahfud MD menekankan pentingnya penjelasan terminologi atau singkatan saat Gibran mengajukan pertanyaan tersebut.

Gibran, yang menganggap Mahfud MD sebagai seorang profesor yang sudah paham, tidak mau menjelaskan istilah greenflation lebih lanjut.

Mahfud MD kemudian menolak menjawab pertanyaan tersebut, menganggapnya sebagai pertanyaan yang recehan dan tidak layak dijawab.

"ini ndak layak dijawab pertanyaan kaya gini ngga ada ini jawabannya," kata Mahfud.

Editor: Bella

Tag:  #mahfud #singgung #pertanyaan #orang #bodoh #hotman #paris #bayangkan #perasaan #jokowi #anda #tentu #tahu #siapa #yang #dimaksud

KOMENTAR