Kapolri Sigit Anugerahkan Bintang Bhayangkara Utama, Ini 6 Sinergi TNI-Polri dalam Menjaga Keamanan Nasional
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat menganugerahkan Bintang Bhayangkara Utama kepada Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. (Mabes Polri)
09:56
5 Oktober 2024

Kapolri Sigit Anugerahkan Bintang Bhayangkara Utama, Ini 6 Sinergi TNI-Polri dalam Menjaga Keamanan Nasional

- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo secara resmi menyematkan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama kepada Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan tiga Kepala Staf TNI, yaitu KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali, dan KSAU Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono, dalam sebuah upacara di Gedung Rupattama Mabes Polri, Jumat (4/10).

Penghargaan itu diberikan sebagai bentuk apresiasi atas jasa besar para petinggi TNI dalam mendukung kemajuan Polri dan menjaga keamanan nasional. Kapolri Listyo Sigit Prabowo, melalui Asisten Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Pol Dedi Prasetyo, menyampaikan bahwa pemberian penghargaan ini adalah simbol sinergitas kokoh yang terjalin antara TNI dan Polri selama bertahun-tahun.

Sinergitas ini tidak hanya berlangsung di tingkat pusat, tetapi juga di tingkat daerah, di mana koordinasi antara TNI dan Polri telah berhasil menghadirkan stabilitas keamanan yang terukur di seluruh wilayah Indonesia. 

"Sinergitas ini dibangun dalam rangka untuk terus menjaga keamanan, ketertiban, dan keberlanjutan pembangunan untuk menuju Indonesia Maju. Intinya itu direkankan pada kegiatan hari ini," ucap Dedi dalam keterangan resminya.

Berikut adalah enam contoh nyata sinergitas TNI-Polri yang telah diwujudkan dalam berbagai operasi dan kerja sama strategis selama ini:

1. Pengamanan Pemilu Serentak

Dalam Pemilu Serentak, TNI dan Polri bekerja bahu-membahu untuk menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di seluruh Indonesia. Di bawah komando Kapolri, Polri berperan aktif dalam memastikan kerja sama lintas institusi dalam pengamanan, sehingga proses demokrasi berjalan aman dan lancar.

2. Operasi Bersama dalam Penanganan Terorisme

Kerja sama antara Densus 88 dan unit anti-teror TNI telah sukses menumpas sejumlah jaringan teroris yang mengancam keamanan nasional. Sinergitas dalam operasi ini semakin memperlihatkan pentingnya kolaborasi antarlembaga dalam menangani ancaman terorisme.

3. Pengamanan Arus Mudik dan Balik Lebaran

TNI-Polri setiap tahunnya bersinergi dalam pengamanan arus mudik dan balik Lebaran. Kerja sama ini memastikan kelancaran transportasi, mengurangi potensi kecelakaan, dan menciptakan ketertiban selama periode mobilisasi massal masyarakat Indonesia.

4. Pengamanan Daerah Konflik

Sinergitas TNI-Polri di daerah konflik seperti Papua terbukti ampuh dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Dalam menghadapi kelompok kriminal bersenjata (KKB), kedua institusi ini selalu bekerja sama dalam operasi gabungan untuk menciptakan stabilitas di wilayah-wilayah rawan.

5. Penanganan Bencana Alam

Dalam setiap bencana alam yang melanda, TNI-Polri selalu tampil sebagai garda terdepan dalam memberikan bantuan, penyelamatan, dan pemulihan pascabencana. Kolaborasi ini mempercepat distribusi bantuan dan pemulihan kondisi masyarakat yang terdampak.

6. Pengembangan Pendidikan Kedinasan

Kerja sama dalam bidang pendidikan juga terjalin erat. TNI dan Polri berbagi materi pelatihan dalam pengembangan kemampuan sumber daya manusia, dengan tujuan meningkatkan profesionalisme dan kompetensi dalam menghadapi tantangan tugas.

 

Editor: Dhimas Ginanjar

Tag:  #kapolri #sigit #anugerahkan #bintang #bhayangkara #utama #sinergi #polri #dalam #menjaga #keamanan #nasional

KOMENTAR