Gladi Bersih Jelang HUT ke-79 TNI Jadi Persiapan Akhir Sebelum Tampil di Hadapan Presiden Jokowi
Alutsista milik Korps Marinir unjuk kekuatan di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat. (Korps Marinir)
13:24
3 Oktober 2024

Gladi Bersih Jelang HUT ke-79 TNI Jadi Persiapan Akhir Sebelum Tampil di Hadapan Presiden Jokowi

 

- Menjelang acara puncak peringatan HUT ke-79 TNI pada 5 Oktober mendatang, Mabes TNI menyelenggarakan gladi bersih Upacara Parade dan Defile di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat pada Kamis (3/10).

Upacara tersebut diikuti oleh puluhan ribu prajurit dari tiga matra TNI dan ribuan alat utama sistem persenjataan (alutsista). Mulai pesawat tempur, tank, sampai kapal perang yang melakukan sailing pass di Perairan Teluk Jakarta. 

Berdasar informasi dari Mabes TNI, Upacara Parade dan Defile pada HUT ke-79 nanti akan diikuti oleh 30.206 prajurit.

”Defile alutsista dan pawai dari masing-masing matra sebagai berikut, TNI AD sebanyak 107 alutsista, TNI AL 120 alutsista, TNI AU 44 alutsista, dan Kementerian Pertahanan (Kemhan) 250 alutsista,” ungkap Mabes TNI melalui keterangan resmi yang dikeluarkan oleh Pusat Penerangan (Puspen) TNI. 

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Hariyanto menyampaikan bahwa gladi bersih itu merupakan persiapan akhir sebelum para prajurit dan alutsista TNI tampil di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 5 Oktober 2024.

”Tiga Matra TNI sangat berperan dalam kegiatan tersebut. TNI AD, TNI AL, dan TNI AU. Pelaksanaan kegiatan diawali oleh upacara parade, kemudian demonstrasi, dan dilanjutkan dengan defile,” kata dia.  

Setelah itu, TNI akan menggelar pesta rakyat sebagai hiburan untuk masyarakat yang hadir secara langsung di Lapangan Silang Monas. Hiburan itu termasuk panggung musik dan konser di Monas 5 Oktober 2024.

”Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama menyaksikan di seluruh siaran yang nanti program siaran itu sudah dikeluarkan dari acara di Lapangan Silang Monas ini,” jelasnya.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #gladi #bersih #jelang #jadi #persiapan #akhir #sebelum #tampil #hadapan #presiden #jokowi

KOMENTAR