Gelar FGD di Mabesal, KSAL Tegaskan Komitmen Terhadap Perkembangan Teknologi Otonom
KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali membuka secara resmi FGD bertajuk Autonomous Warfare For Revolution Maritime Operation Affair. (Dispenal)
18:48
25 September 2024

Gelar FGD di Mabesal, KSAL Tegaskan Komitmen Terhadap Perkembangan Teknologi Otonom

 

 

- Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menegaskan komitmennya terhadap perkembangan teknologi otonom. Pada Rabu (25/9), Laksamana Ali membuka secara langsung Focus Group Discussion (FGD) bertajuk Autonomous Warfare For Revolution Maritime Operation Affair pada Rabu (25/9).

Agenda tersebut diselenggarakan di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur. Dalam sambutannya, Ali menyampaikan bahwa perkembangan teknologi yang semakin pesat mendorong terjadinya revolusi peperangan modern secara signifikan.

"Salah satu contoh adalah munculnya konsep Autonomous Warfare (perang otonom) yang mengacu pada penggunaan teknologi modern seperti teknologi kapal atau pesawat tanpa awak dan artificial intelligence," ungkap orang nomor satu di TNI AL tersebut. 

Menurut Ali, teknologi tersebut mampu mempercepat reaksi terhadap ancaman, meningkatkan efisiensi operasional, dan mengurangi risiko bagi personel. Penerapan autonomous warfare juga menimbulkan berbagai tantangan.

Termasuk diantaranya tantangan dari aspek sosial, hukum, politik dan strategi militer. Hal itu membutuhkan pembahasan mendalam terutama mengenai dampak dan potensi revolusi yang ditimbulkan dari perang otonom dalam peperangan maritim.

"Diharapkan kepada seluruh peserta (FGD) dapat berpartisipasi secara aktif untuk menyumbangkan pikiran dan ide yang konstruktif dalam rangka menghasilkan solusi-solusi optimal pemanfaatan autonomous technology bagi perkembangan masa depan pertahanan maritim di Indonesia," ucap Ali.

Hadir sebagai narasumber dalam FGD tersebut Asisten Khusus Menteri Pertahanan (Menhan) Laksdya TNI (Purn) Didit Herdiawan Ashaf, Wakil Kepala BRIN Prof. Dr. Ir. Amarulla Octavian, dan Kababinkum TNI Laksda TNI Kresno Buntoro. FGD yang diselenggarakan untuk memberikan wawasan baru kepada para peserta dihadiri oleh Pangkoarmada RI Laksdya TNI Denih Hendrata, Kepala Bakamla Laksdya TNI Irvansyah, pejabat utama Mabesal, dan pangkotama wilayah Jakarta.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #gelar #mabesal #ksal #tegaskan #komitmen #terhadap #perkembangan #teknologi #otonom

KOMENTAR