Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens Bebas, Menko Polhukam Pastikan Pembangunan Papua Terus Berjalan
Momen Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens (mengenakan jaket berambut panjang) saat tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (21/9). (Miftahulhayat/Jawa Pos)
11:08
22 September 2024

Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens Bebas, Menko Polhukam Pastikan Pembangunan Papua Terus Berjalan

 

- Aksi Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Papua masih menjadi ancaman dan potensi gangguan, termasuk bagi upaya pembangunan Papua yang terus dilakukan oleh Pemerintah Indonesia. Penyanderaan Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens sejak 7 Februari 2023 adalah salah satu aksi OPM. Pasca bebasnya pilot berpaspor Selandia Baru tersebut, pemerintah memastikan tidak akan berhenti membangun Papua. 

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto menyampaikan hal itu beberapa saat setelah menyerahkan Philip kepada Kedutaan Besar Selandia Baru di Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU pada Sabtu malam (21/9).

”Di Papua saat ini terus dilakukan proses pembangunan untuk menyejahterakan Rakyat Papua,” kata pejabat yang pernah bertugas sebagai panglima TNI itu. 

Hadi mengakui, pembangunan di Papua tidak mudah. Salah satu tantangan bagi pemerintah adalah beratnya medan.

Untuk itu, pembangunan di Papua turut dikawal oleh TNI-Polri. Mereka membantu mengamankan proses pembangunan tersebut.

”Dalam proses pembangunan (di Papua), karena beratnya medan, maka kami melibatkan TNI maupun Polri untuk mengamankan proses pembangunan tersebut,” kata Hadi. 

Secara khusus, Hadi menegaskan bahwa salah satu dukungan yang diberikan oleh TNI dan Polri dalam memastikan amannya pembangunan di Papua dilakukan di beberapa wilayah yang rawan. ”Dan bagian yang kami sampaikan atau kami berikan dukungan adalah di wilayah -wilayah yang ada gangguan, dan sampai saat ini terus kegiatan (pembangunan) ini kami laksanakan,” ucap pejabat yang juga pernah menjadi menteri ATR/kepala BPN tersebut.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #pilot #susi #philip #mark #mehrtens #bebas #menko #polhukam #pastikan #pembangunan #papua #terus #berjalan

KOMENTAR