Sudah Punya SK Kemenkumham Soal Kepengurusan Baru, PKB: Muktamar Tandingan Sudah Tutup Buku!
Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid. [Suara.com/Fakhri]
14:00
18 September 2024

Sudah Punya SK Kemenkumham Soal Kepengurusan Baru, PKB: Muktamar Tandingan Sudah Tutup Buku!

Wakil Ketua Umum DPP PKB, Jazilul Fawaid, menyebut pihak lain tak perlu lagi menganggu PKB dengan menggelar muktamar tandingan. Menurutnya, hal itu sudah tutup buku lantaran kepengurusan baru PKB sudah legal.

"Clear semua sudah tutup buku, kita sudah turun SK dari Kumham," kata Jazilul di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Rabu (18/9/2024).

Ia mengatakan, apalagi PKB sekarang sudah punya Ketua Harian yang diisi oleh para anak-anak muda.

"Kita sudah ada anak pengurus harian milenial pokoknya kalau di PKB mengalami penyegaran. Bukan hanya soal urusan yang seperti itu, itu sudah selesai. Kita sudah selesai dan sudah bergerak," tuturnya.

Baca Juga: Cak Imin 'Launching' Susunan Kepengurusan Baru PKB Periode 2024-2029, Ada dari Gen Z hingga Komika

Di sisi lain, kata dia, adanya Ketua Harian dengan diisi oleh Gen Z ini sengaja dilakukan agar PKB lebih muda.

"Alasannya ingin PKB lebih muda, merekrut anak muda dan diberikan kewenangan yang tinggi, bukan hanya sekedar asal tempel," kata dia.

"Tapi memang itu fungsional dan bekerja langsung, ketua harian akan bekerja ya tentu secara harian untuk mengeksekusi, menjalankan apa yang menjadi kebijakan dari anak-anak muda dan dewan syuro dan tanfidz yang ada di PKB," katanya menambahkan.

Pengurus Baru PKB

Sebelumnya Ketum PKB Muhaimin Iskandar akhirnya secara resmi mengumumkan susunan pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partainya untuk periode 2024-2029. Dalam hal itu terdapat nama-nama lama, dan sebagiannya lagi berasal dari kalangan muda.

Baca Juga: Babak Baru Seteru PKB-PBNU: Cak Imin dan Gus Yahya Semakin Jauh dari Titik Temu

"Jajaran pengurus DPP PKB terdiri dari Dewan Syuro dan Dewan Tanfidz. Dewan Syuro seperti yang kita ketahui sudah langsung dipimpin oleh Al Mukarram Prof. Dr. Kiai Ma'ruf Amin. Jajaran Dewan Tanfidz, Ketua Umum DPP akan memimpin seluruh kelembagaannya," kata Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Rabu (18/9/2024).

Adapun di jajaran Wakil Ketua Umum PKB ada nama Ida Fauziyah, Hanif Dhakiri, Cucun Syamsurijal, Faisol Reza, Rano Alfath, Rusdi Kirana, dan Jazilul Fawaid.

Selain itu kali ini PKB memiliki susunan Ketua dan Wakil Ketua Harian yang bertugas mengorganisir atau mengelola DPP PKB secara harian. Ketua dan Wakil Ketua Harian DPP PKB merupakan kalangan anak muda.

"Ketua Harian ini berfungsi langsung mengambil tanggung jawab pengorganisasian dan implementasi program mewakili Ketua Umum sehari-hari. Jadi kalau Ketua Harian melaksanakan tugas harian, maka Ketua Umum bertanggung jawab kepada seluruh program secara umum," ujarnya.

Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar akhirnya secara resmi mengumumkan susunan pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partainya untuk periode 2024-2029. (Suara.com/Bagaskara)Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar akhirnya secara resmi mengumumkan susunan pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partainya untuk periode 2024-2029. (Suara.com/Bagaskara)

Ketua Harian dijabat oleh Ais Shafiyah Asfar. Ais merupakan kandidat Doktor Universitas Airlangga. Ais yang baru berusia 23 tahun ini merupakan calon legislatif PKB terpilih di DPRD Kota Surabaya di Pileg 2024.

Kemudian Wakil Ketua Harian dijabat oleh Najmi Mumtaza Rabbani yang berpengalaman sebagai Kapten Ubah Bareng Jabodetabek, sekaligus Jubir Timnas Amin pada Pilpres 2024.

Lalu, Wakil Ketua Harian Riezal Ilham Pratama yang merupakan Sarjana Ilmu Pemerintahan Fisip Unpad Bandung dan pernah menjadi Ketua BEM FISIP Unpad 2019, serta Gielbran Muhammad Noor yang masih menjadi mahasiswa Fakultas Peternakan UGM.

Selanjutnya Wakil Ketua Harian Nadya Alfi Roihana yang merupakan S2 Psikologi Industri, Muhammad Aji Pratama yang merupakan seorang stand up komedian, dan Lukman Maulana yang merupakan lulusan S2 Fakultas Ekonomi Bisnis UI.

Lalu, untuk Ketua DPP PKB akan dijabat olrh nama-nama seperti Yusuf Chudlori, Daniel Johan, Syaiful Huda, hingga Nihayatul Wafiroh. Lalu, Bendahara Umum Pak Bambang Susanto, Sekretaris Jenderal Hasanuddin Wahid.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #sudah #punya #kemenkumham #soal #kepengurusan #baru #muktamar #tandingan #sudah #tutup #buku

KOMENTAR