Menag RI Bertemu Menteri Haji dan Umrah Saudi, Akhir April 2025 Mulai Pemberangkatan Awal Jamaah Haji
Ilustrasi Ibadah Haji. (JawaPos.com)
10:40
17 September 2024

Menag RI Bertemu Menteri Haji dan Umrah Saudi, Akhir April 2025 Mulai Pemberangkatan Awal Jamaah Haji

- Juru Bicara Kemenag Sunanto mengatakan, pertemuan Menag Yaqut Cholil Qoumas dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq Al Rabiah di Jeddah membahas sejumlah hal. Di antaranya, pembahasan tahapan persiapan awal penyelenggaraan haji 2025.

"Dalam pertemuan ini juga dibahas upaya menyambut kedatangan jamaah haji Indonesia dan melayani mereka dengan standar kualitas layanan terbaik," kata Nanto, sapaannya.

Pada pertemuan itu, Menteri Tawfiq menyampaikan bahwa pemerintah Arab Saudi akan terus berbenah dengan membangun sejumlah fasilitas tambahan. Sehingga dapat membuat jamaah haji maupun umrah semakin nyaman. Namun, pihak Arab Saudi belum bisa memberikan penjelasan lebih detail terkait fasilitas tambahan itu.

Untuk diketahui, persiapan haji 2025 sejatinya sudah dimulai sejak 18 Juni lalu. Di antaranya dengan penyerahan dokumen kuota haji untuk Indonesia sebanyak 221 ribu kursi. Tahapan lain adalah dimulainya kontrak dengan perusahaan penyediaan layanan dan penentuan lokasi penempatan di masyair pada 23 Oktober.

Berikutnya, pada 13 Januari 2025, dimulai penandatanganan MoU persiapan haji serta kesepakatan pemberangkatan. Pada 14 Februari 2025 adalah tahapan akhir penandatanganan kontrak layanan. Lalu, 19 Februari 2025 awal penerbitan visa haji. Proses penerbitan visa haji berlangsung sampai dengan 29 April. Kemudian, awal kedatangan jamaah haji di Arab Saudi dijadwalkan mulai 29 April. (wan/tyo/c17/dio)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #menag #bertemu #menteri #haji #umrah #saudi #akhir #april #2025 #mulai #pemberangkatan #awal #jamaah #haji

KOMENTAR