Banyak Pemain Naturalisasi di Timnas Indonesia, Bang Doel: Biarkan Mereka Mencintai Indonesia
Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta, Pramono Anung-Rano Karno (Bang Doel) saat dijumpai di Jakarta Pusat, Minggu (8/9/2024). (ANTARA/Lifia Mawaddah Putri)
15:48
15 September 2024

Banyak Pemain Naturalisasi di Timnas Indonesia, Bang Doel: Biarkan Mereka Mencintai Indonesia

      - Bakal calon wakil gubernur (cawagub) Jakarta Rano Karno atau yang karib disapa Bang Doel angkat bicara soal banyaknya pemain naturalisasi di Tim Nasional (Timas) Sepak Bola Indonesia. Menurut Bang Doel, naturalisasi tetap relevan dilakukan karena merupakan kesempatan bagi para diaspora yang terpanggil untuk berbakti pada negeri tempat asal para pemain.   "Ini juga menjadi semacam tempat berbakti, membela negara tempat ayah ibu atau kakek nenek mereka berasal," kata Bang Doel kepada wartawan, Minggu (15/9).   Bang Doel yang juga merupakan Anggota Komisi X DPR RI itu juga mendorong agar para pemain naturalisasi bisa memberi dorongan dan menciptakan atmosfer yang sehat bagi para pemain lokal untuk berkembang. Tentu, caranya dengan memberikan pelatihan dan mempersiapkan kompetesi yang berjenjang dengan iklim kompetisi yang sehat.   "Mempersiapkan kompetisi berjenjang yang kuat jelas juga sangat penting untuk memastikan berlangsungnya pembinaan di dalam negeri untuk melahirkan bibit-bibit berbakat," ucapnya.   Bang Doel juga berharap, pemain naturalisasi Timnas Indonesia dijadikan momentum untuk transfer kemampuan ke pemain lokal. Selain itu, juga dapat meningkatkan permainan Timnas Indonesia di tingkat dunia.  

  "Kerjasama yang terjalin antara pemain lokal dan pemain naturalisasi adalah kunci utamanya. Kerjasama itu akan meningkatkan kemampuan permainan sepak bola," tegasnya.   Bang Doel menyatakan, semua pihak harus memberi ruang untuk para pemain mencintai Indonesia.    "Bagaimanapun, ini tempat orang tua mereka berasal. Biarkan mereka mencintai Indonesia, dan Indonesia mencintai mereka. Biarkan mereka mengabdi untuk tanah leluhur mereka, jangan kita tolak," pungkasnya.   R

Editor: Kuswandi

Tag:  #banyak #pemain #naturalisasi #timnas #indonesia #bang #doel #biarkan #mereka #mencintai #indonesia

KOMENTAR