Super Garuda Shield 2024 Berakhir, Prajurit Lanal Banyuwangi Kawal Prajurit dan Alutsista US Army Tinggalkan Banyuwangi
Unsur-unsur Lanal Banyuwangi mengawal MV Kape Hudson yang mengangkut prajurit dan alutsista US Army bertolak menuju Okinawa, Jepang. (Dok TNI AL)
16:08
13 September 2024

Super Garuda Shield 2024 Berakhir, Prajurit Lanal Banyuwangi Kawal Prajurit dan Alutsista US Army Tinggalkan Banyuwangi

 

- Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi mengawal embarkasi prajurit dan alat utama sistem persenjataan (alutsista) US Army di Pelabuhan Tanjung Wangi, Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur.

Mereka embarkasi MV. Kape Hudson yang mengangkut prajurit dan alutsista tersebut bertolak dengan aman menuju Pangkalan Amerika Serikat (AS) di Okinawa, Jepang.

Komandan Lanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Hafidz menyampaikan bahwa langkah itu diambil oleh instansinya pasca pelaksanaan Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield (SGS) 2024.

”Untuk mendukung keamanan dan kelancaran proses embarkasi material US Army dari Pelabuhan Tanjung Wangi menuju Kapal MV. Kape Hudson,” ungkap dia pada Jumat (13/9).

Agar proses embarkasi tersebut berlangsung aman dan lancar, Lanal Banyuwangi mengerahkan seluruh sumber daya yang mereka miliki.

”Termasuk prajurit, kapal patroli KAL Rajegwesi II-5-40, KAL Sembulungan II-5-42, RHIB, dan RBB,” terang Letkol Hafidz. Pengawalan dan pengamanan tersebut dilakukan sejak H-1 menjelang embarkasi sampai MV. Kape Hudson meninggalkan pelabuhan.

”Tim gabungan ini telah melaksanakan pengamanan intensif di area dermaga sejak H-1 hingga seluruh rangkaian kegiatan selesai,” kata perwira menengah dengan dua kembang di pundak itu.

Selama proses embarkasi berlangsung, prajurit Lanal Banyuwangi melakukan berbagai tugas. Mulai patroli keamanan, pemeriksaan ketat, hingga pengawalan terhadap alutsista yang akan dimuat.

Tidak hanya itu, Lanal Banyuwangi turut menjamin keamanan dan keselamatan personel serta aset militer selama pelaksanaan latihan dan proses embarkasi. 

”Berkat sinergi yang baik antara TNI AL dan US Army, seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan aman dan lancar,” ucap Hafidz.

 

Bertolaknya MV. Kape Hudson bersama alutsista milik US Army dari Pelabuhan Tanjung Wangi Banyuwangi menuju Pangkalan AS di Okinawa Jepang sekaligus menandai berakhirnya rangkaian Latgabma SGS 2024. Latihan gabungan skala besar itu berlangsung aman dan lancar sejak awal sampai selesai.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #super #garuda #shield #2024 #berakhir #prajurit #lanal #banyuwangi #kawal #prajurit #alutsista #army #tinggalkan #banyuwangi

KOMENTAR